Respon Cepat PLN Antisipasi dan Siaga Hadapi Bencana -->

Iklan Atas

Respon Cepat PLN Antisipasi dan Siaga Hadapi Bencana

Rabu, 17 Mei 2023
.


Solok, fajarsumbar.com  -  Listrik memiliki peran vital untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tidak salah bila PT PLN (Persero) memiliki peran signifikan dalam mengamankan listrik pelanggan, salah satunya menjaga kualitas pasokan listrik saat terjadi cuaca ekstrem, termasuk melakukan pemulihan jika terjadi gangguan kelistrikan akibat cuaca buruk. 


General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan bahwa PLN merespon cepat segala gangguan yang muncul dilapangan yang mengakibatkan terganggunya pasokan listrik kepada masyarakat. 


“Kami telah memberikan instruksi langsung kepada seluruh unit di wilayah kerja PLN UID Sumbar untuk bersinergi membantu mengantisipasi dan menangani gangguan pasokan listrik pasca terjadinya cuaca buruk. Seperti halnya yang terjadi di Kawasan Taluek Anjalai Kecamatan Lembah Gumanti beberapa waktu lalu, PLN turut aktif Bersama Pemda setempat dan berbagai stakeholders terkait untuk melakukan penanganan yang cepat dan tepat,” ungkap Eric.


Eric menambahkan, pada bencana yang terjadi pada hari Minggu (07/05) lalu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok berhasil menyelesaikan gangguan terhadap rusaknya dua jaringan tingkat menengah (JTM) yang berlokasi di Alahan Panjang, Taluek Anjalai dan Cubadak Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Selatan yang disebabkan oleh pohon tumbang. 


“Di tengah terpaan hujan badai dan dinginnya cuaca, punggawa PLN yang terdiri dari UP3 Solok bersama tim dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kayu Aro, Haleyora Powerindo dan Vendor KHS terus bergerak cepat menuju lokasi tersebut untuk dapat mengatasi gangguan agar penomalan jaringan listrik di wilayah tersebut berjalan optimal, sehingga pada pukul 22.54 WIB listrik kembali menyala,” imbuh Eric seraya menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas dan _stakeholder_ yang berperan penting dalam menormalkan listrik.  


Manager PLN UP3 Solok Sigit Hari Wibowo menceritakan perjuangan petugas PLN mengatasi gangguan kelistrikan akibat cuaca ekstrim tersebut. 


" Cuaca ekstrem menjadi salah satu tantangan paling besar bagi PLN dalam menjaga kualitas pasokan listrik kepada masyarakat. Panas terik dan hujan lebat disertai angin kencang datang silih berganti membuat pekerjaan menjadi sangat menantang. Namun demikian semangat tim tidak pernah kendor, petugas mengecek jaringan dan instalasi listrik agar listrik kembali normal. Tentunya pengecekan tersebut dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku dan mengedepankan prinsip K3," ucap Sigit.


Sebagai langkah antisipasi dan respon cepat, PLN menurunkan petugas untuk rutin melakukan kontrol jaringan dan pengamanan kelistrikan. PLN juga secara paralel memastikan titik-titik lokasi vital dalam keadaan aman sehingga pasokan listrik tetap andal dan masyarakat dapat melanjutkan segala aktivitas.(*)