Siswa SMPN 3 Solsel Tampilkan Kebolehan di Depan Bupati -->

Iklan Atas

Siswa SMPN 3 Solsel Tampilkan Kebolehan di Depan Bupati

Senin, 15 Mei 2023
Kepala SMPN 3 Solok Selatan Misna Yuliana saat. memberikan sambutan di hadapan bupati dan undangan.


Solsel, fajarsumbar.com - Puluhan siswa siswi SMPN 3 Solok Selatan (Solsel) tampil gemilang di depan Bupati Solok Selatan dalam rangka perpisahan kelas IX tahun ajaran 2023-2024, Senin (15/5/2023).


Hadir pada acara perpisahan itu Bupati Solok Selstan Khairunas beserta OPD dan Forkopinda, orang tua siswa. 


Kepala SMPN 3 Solok Selatan Misra Yuliana dalam laporanya mengatakan, tahun ajatran 2023-2024 ini jumlah siswa siswi SMPN 3 Solok Selatan sebanyak 437 siswa dengan jumlah rombel15, tauun kini siswa yang menamatkan sebanyak 135 orang. 


Kepala sekolah mengatsksn, sekolah harus berperan menyediakan pendidikan yang layak, sehingga dapat bersaing diberbagai arena.  "Sekolah yang berkualitas di era globalisasi, apalagi berada di pusat kabupaten,"ucap Misra.


Pengembangan diri (ekstrakurikuler) olahraga, kesenian, ilmiah dan agama. Menuju sekolah berbudaya lokal. "Panen projek sebagai karya siswa dari bahan bekas menjadi barang jadi, sebagai hasil dari implementasi kurikulum merdeka," bebernya. 


"Ilmu yang diberikan di sekolah bisa dimamfaafkan di masa akan datang, dan tetaplah lanjutkan pendidikan," pesannya.


Bupati Solok Selatan dalam sambutanya mengatakan. Dengan rasa bangga, Bupati mengucapakan selamat untuk para tenaga pendidik yang telah berhasil membina para siswanya untuk meneruskan perjalanan hidupnya kedepan.


Ucapan selamat juga diutarakan kepada para siswa siswi yang telah berhasil menempuh pendidikan selam 3 tahun di sekolah tersebut.


Bahkan terungkap bahwa Khairunas juga pernah mengenyam pendidikan di SMP tersebut selama 1 tahun, hal itu ia sampaikan untuk memotivasi para siswa/i agar dapat menjadi pemimpin di kemudian hari.


“Dalam proses menjalani hidup, 40 tahun lalu kami pernah sekolah di SMP 3,sekolah ini menjadi sejarah bagi kehidupan kami, dimana seorang guru mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi pemimpin,” Ucapnya.


Bupati juga mengingatkan kepada seluruh tenaga pendidikan, mulai dari Kepala Sekolah, Hingga seluruh Jajaran dibawahnya serta juga kepada Dinas pendidikan terkait, agar terus berupaya memberikan yang terbaik kepada generasi penerus, mewujudkan pemimpin-pemimpin yang berkarakter, berakhlak, dan Berbakti pada Negara.


“Tugas kita semua untuk mempersiapkan generasi pemimpin mulai dari jenjang sekolah ini, berangkat dari sekolah inilah nantinya akan banyak menghasilkan para pemimpin, baik di daerah maupun mungkin di luar daerah, dan mungkin ada juga yang menjadi bagian dalam Pemerintahan kabupaten,” ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Khairunas juga memaparkan program pendidikan pemkab yang lainnya yaitu program 1 Jorong 1 Rumah Tahfiz.


Hingga kini, Pemerintah Kabupaten telah menyediakan 275 dan 104 rumah tahfiz mandiri sehingga totalnya terdapat 379 Rumah Tahfiz di Kab. Solok Selatan. “Maka dari itu bukan hanya pendidikan saja yang diperkuat, kita harus turut menguatkan akhlaq dan juga perekonomian masyarakat,” pungkasnya.


Bupati berharap, agar SMPN 3 mampu menampung murid lebih banyak lagi, kemudian berharap kepada siswa/i yang telah lulus, kelak bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik selanjutnya.


"Dan lagi semua anak muda generasi bangsa berhak menggapai cita cita yang tinggi, dan bisa menggantikan posisi bupati saat ini atau jadi presiden sekalian,"ajak bupati. (Abg)