Sosialisasi Optimalisasi Aplikasi Persuratan dengan Tanda Tangan Elektronik -->

Iklan Atas

Sosialisasi Optimalisasi Aplikasi Persuratan dengan Tanda Tangan Elektronik

Rabu, 10 Mei 2023

 

Sosialisasi optimalisasi tanda tangan Elektronik di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Optimalisasi Aplikasi Persuratan dengan Menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE), di balaikota, Rabu (10/5).


Optimalisasi digelar guna menyukseskan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kegiatan diikuti kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).


Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang, Drs. Ampera, S.H, M.Si menyampaikan, di era digitalisasi saat ini dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada publik, pemerintah harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan SPBE.


"Penyelenggaraan SPBE membutuhkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi beserta sumberdaya manusia yang andal dan infrastruktur yang memadai. Juga penerapan keamanan informasi yang baik," ujarnya.


Ampera mengatakan, dengan diterapkannya TTE akan memiliki berbagai manfaat dalam mendukung tata kelola SPBE yang terjamin keamanannya. Seperti efisiensi waktu, menjamin keutuhan dan keaslian dokumen, kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah, identitas terjamin, dan hemat biaya pengeluaran/anggaran ataupun penggunaan kertas (paperless).


"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyosialisasikan penerapan TTE melalui kegiatan diseminasi penerapan TTE bagi pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemko Padang Panjang. Bertujuan lebih memperdalam tentang penggunaan dan penerapan TTE di OPD. Targetnya semua pejabat bisa menggunakan aplikasi TTE untuk tanda tangan elektronik," tuturnya lagi.


Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber di antaranya Kabid Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Sumbar, Lizda Handayani, M.Kom dan Kabid Siber dan Sandi, Eko Faisal, S.Kom, M.M. (syam)