Staf Khusus Kemenperin RI Febri Hendri Antoni Arif, Berkunjung di SMA Negeri 1 Tanah Garam Kota Solok. -->

Iklan Atas

Staf Khusus Kemenperin RI Febri Hendri Antoni Arif, Berkunjung di SMA Negeri 1 Tanah Garam Kota Solok.

Selasa, 09 Mei 2023


.

Padang, fajarsumbar.com - Staf Khusus Kementerian Prindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) Febri Hendri Antoni Arif, berkunjung ke SMA Negeri I Tanah Garam Lubuak Sikarah Kota Solok Selasa (09/05/2023).

Kunjungan staf Khusus Kemenperin RI ini, didampingi Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Vokasi Industri (Jarvis) Politeknik ATI Padang, terdiri dari Dr.Harmiwati, MT Dr. Candrianto, M.Pd, Ali Amran Tumanggor, ST, Faldi Lulrahman, MT, 
Oktrison, M.T Kasubag Umum dan Keuangan serta Kepala Baristan Padang M.Nilzam.

Kunjungan Tim, dalam rangka memberikan sosialisasi Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis) Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI) Tahun Akademik 2023/2024 itu, berlangsung pada Mushala sekolah setempat.

Sosialisasi ini dihadiri 232 siswa/siswi kelas sebelas, Guru dan Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas Isnawati, diawali dengan pemutaran video tentang visi dan misi serta capaian dari Politeknik ATI Padang.

Dalam sambutanya, staf  Khusus Kementerian Perindustrian RI Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, kunjungan ke SMA Negeri I ini ini, selain mengunjungi almater sendiri, juga menginformasikan keberadaan, capaian dan lulusan Institusi binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian RI.


"Institusi binaan BPSDMI Kementrian Perindustrian RI, terdiri dari 9 Politeknik, 2 Akademi Komunitas dan 12 Sekolah Menengah Atas yang tersebar pada 12 Propinsi di Indonesia," sebutnya.

Ia juga mengatakan, dengan meningkatnya peranan Industri pada pembangunan Nasional dan ketatnya persaingan ekonomi di sektor industri secara global menandakan bahwa kebutuhan sumber daya manusia industri yang kompeten sehingga semakin meningkat kebutuhkan dari Industri.

Menyinggung terkait pertumbuhan Industri manufaktur di Sumatera Barat, menurut Febri, perkembangannya tidak secepat seperti di Prop Riau, Jawa dan daerah lainya.

Untuk membangun industri manufaktur itu, Pemerintah Daerah dan masyarakat harus ramah terhadap investor termasuk dalam pengadaan lahan dan pengurusan izin usaha.

Dari segi kualitas sumber daya manusia Sumatera Barat, kata Febri telah cukup bagus untuk mengisi kesempatan kerja di Industri

"Investor juga mau berivestasi, apabila daerah tersebut mempunyai prospek ekonomi yang menjanjikan bagi Industri," imbuhnya.

Untuk membangunan prasarana pabrik industri manufaktur itu membutuhkan modal yang cukup besar, tidak hanya miliyaran, bahkan mencapai triliunan, sehingga aset dan operasional Industri tersebut bisa berjalan secara aman dan lancar.

Dengan tumbuh dan berkembangnya Industri manufaktur di Sumatera Barat, Febry berharap
bisa menyerap tenaga kerja dan mampu mengurangi angka pengangguran.

Lulusan SMTI Padang, SMAK dan Politeknik ATI Padang, binaan BPSDMI Kemenperin RI ini, mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengisi pormasi kerja di Industri.  "Tak hanya didalam Negeri bahkan diluar Negeri, yakni di Timur Tengah Dubai sebagai analis kimia industri minyak bumi dan petro kimia," ujar Putra Daerah Solok itu.

Setiap tahun Alumni Institusi pendidikan BPSDMI Kemenperin ini, mampu mengisi peluang kerja Industri setiap tahun dan hampir mencapai 100 %

Alumni SMA  Negeri I Tanah Garam Kota Solok Tahun 1994 itu, lebih lanjut mengatakan, sumber daya manusia SMTI Padang, SMAK dan Poteknik ATIP Padang, sebagai institusi pendidikan Vokasi Industri hadir dan siap menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang agro Industri.

Ini terkait dengan upaya dan moto BPSDMI Kemenperin RI, " Dunia Industri Menunggu Anda" tutupnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar. M.Pd diwakili Pudir I Dr. Harmiwati NH. ST. MT menjelaskan, proses perkulihan di Politeknik ATI Padang menggunakan konsep dual system yang mengkomunikasikan pembelajaran berbasis kampus dan Industri.

Guna menghasilkan sumber daya manusia industri yang terampil dan siap kerja di Industri, maka Politeknik ATI Padang Tahun Akademik 2023/2024 membuka Pendaftaran PMB Jalur Vokasi Industri (Jarvis) Prestasi, Jarvis Bersama dan Jarvis Reguler.

"Politeknik ATI Padang, berkolaborasi dengan fraktisi Industri dalam merancang kurikulum pembelajaran dan selalu tampil dalam kegiatan proses belajar mengajar, agar dapat selaras dengan kebutuhan pasar kerja dan Industri," kata Rahmiati.

PMB Jarvis Bersama bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SLTA), yakni tingkat MAN, SMA dan SMK Sederajat, pendaftaran masih terbuka secara online sampai tanggal, 19 Mei 2023, klik ini, https.//kemenperin.go.id

Calon mahasiswa yang lolos melalui seleksi Jarvis Bersama itu, akan mengisi Program Studi (prodi) Analis Kimia, Teknik Industri Agro, Manajemen Logistik Industri Agro dan Teknik Kimia Bahan Nabati Diploma III, sedangkan prodi Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan Diploma IV.

Usai dari SMA Negeri 1 Tanah Garam Kota Solok, Tim Jarvis Bersama Politeknik ATI Padang, juga mengjnjungi SMA Negeri 1 Gunung Talang Solok, sebutnya.

Rombongan diterima oleh Kepala SMA Negeri 1 Gunung Talang Solok MARTIN, dihadiri 9 orang Guru dan 225 Siswa/siswi kelas sebelas.

Tim yang sama, juga akan mengunjungi SMA Negeri 7 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Rabu,(10/05/2023),"(RDz)