Tangani Bencana, Relawan PMI dan Kelompok SIBAT Garda Terdepan -->

Iklan Atas

Tangani Bencana, Relawan PMI dan Kelompok SIBAT Garda Terdepan

Rabu, 24 Mei 2023
Walikota Genius Umar berikan sambutan pada Orientasi Pengurus dan Relawan PMI dan Pelatihan Kelompok SIBAT se-Kota Pariaman di Aula Balai Guru Provinsi Sumatera Barat, Pariaman, Rabu 24 Mei 2023 (foto.mcp)


Kota Pariaman - Wilayah Kota Pariaman berada di zona merah atau zona yang paling rentan dengan bencana. Makanya,  perlu kesiapan kita bersama agar menyiapkan diri dengan baik, mulai dari pra bencana, saat terjadi bencana dan pasca bencana.


Dan, salahsatu upaya kesiapan tersebut, adanya Relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI), sekaligus kehadiran Kelompok Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di tengah-tengah masyarakat.


Hal demikian ditegaskan Walikota Genius Umar dalam sambutannya membuka Orientasi Pengurus PMI Kecamatan, dan Pelatihan Kelompok SIBAT, sebelumnya Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pariaman bertempat di Aula Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sumatera Barat, Pariaman, Rabu (24/5/23).



Ia mengatakan peran PMI sebagai relawan juga menjadi garda terdepan dalam menghadapi bencana. Sekaligus mendukung berbagai program yang ada di Kota Pariaman. Karena, selama ini PMI selalu hadir di setiap kegiatan, bahkan berada di tempat destinasi wisata.


“Para Pengurus dan Relawan PMI selalu hadir di setiap kegiatan. Padahal mereka bekerja tanpa pamrih, tidak digaji, bekerja dengan hati. Oleh karena itu, kami atas nama pribadi dan pemerintah kota, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh relawan dan pengurus PMI Kota Pariaman dan jajaranya,” ungkapnya.


Kedepan, Genius mengatakan, dengan semakin solidnya PMI Kota Pariaman, mulai dari tingkat Kota, Kecamatan sampai Desa/Kelurahan nantinya, akan berdampak semakin baiknya sumber daya manusia (SDM), dan peran PMI dalam mendukung program pemerintah.


“Kepada peserta pelatihan SIBAT, kami berharap, agar para peserta memiliki pengetahuan dan informasi dasar relawan. Sehingga ketika terjadi bencana, akan dapat berfungsi dengan maksimal, efektif dan efisien serta mengetahui tugas dan fungsinya sebagai relawan,” tegasnya.


Walikota Genius Umar berpesan agar para relawan PMI dan peserta pelatihan SIBAT, benar-benar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Dan, dapat mengambil ilmu secara maksimal dari para narasumber dan instruktur.


“Relawan yang cakap, efektif dan efisien sangat ditentukan oleh informasi, pengalaman dan pelatihan yang diterimanya. Sehingga mereka memiliki pengetahuan dasar yang cukup sebelum terjun ke daerah bencana,” tutupnya.


Hadir dalam kegiatan ini, Sekdako Yota Balad, Ketua PMI Mulyadi, Kapolsek Kota Pariaman, AKP Haryani Bahri, Danramil 01 Pariaman, Mayor Inf.Asrul Sani R, Kalaksa BPBD Azman, dan beberapa Kepala OPD.(saco).