Tak Mampu Bayar BPJS, Tim RPLA Turun Ngurus Aisyah Sakit 4 Tahun -->

Iklan Atas

Tak Mampu Bayar BPJS, Tim RPLA Turun Ngurus Aisyah Sakit 4 Tahun

Sabtu, 20 Mei 2023
Tim RPLA dan Happy Neldy ketika berada di rumah kediaman orang tua Aisyah (5) di Surantiah, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang, Padang Pariaman, Jum'at 19 Mei 2023 (foto.hpy)


Lubuak Aluang - Tim Relawan Peduli Lubuak Aluang (RPLA) dengan Happy Neldy bergerak cepat tanggap tangani mengurus Aisyah (5) salah seorang anak yatim keluarga kurang mampu menderita sakit sejak empat tahun lalu.


Begitu mendapat informasi dari warga,Tim RPLA yang dikomandoi Erik dkk bersama tokoh masyarakat Lubuak Aluang Happy Neldy, langsuang bergerak menuju ke kediaman orang tua Aisyah di Korong Surantiah, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang, Jum'at (19/05/23).


"Setiba di lokasi, memang betul dijumpai Aisyah yang menderita sakit sejak empat tahun lalu, Warni sang orang tua tak mampu mengobatinya. Karena, orang tua dia seorang ibu rumahtangga tak mampu lagi membayar BPJS Mandiri" sebut Happy Neldy.


Menurut pengakuan Wani, orangtua dari Aisyah, kepada Tim RPLA dan Happy Neldy bahwa ia mengobati anak memakai kartu BPJS Mandiri ke Puskesmas selama ini.


Terus, lantaran tak mampu lagi bayar BPJS Mandiri setiap bulannya, maka terhenti dia membawa Aisyah berobat ke Puskesmas. Ya, beginilah keadaan kami untuk merawat Aisyah selama empat tahun ini, tutur ibu rumahtangga itu.


Mendengar keluhan dari Warni didampingi keluarga lain, Tim RPLA dan Happy Neldy merasa sedih dan prihatin kepada keluarga yang ditinggal suami meninggal tersebut.


Lantas, Happy Neldy mengontak Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman dr.Aspinuddin untuk mengabarkan tentang ada warga yang menderita penyakit telah cukup lama. Kemudian, keluarga dari yang menderita sakit, juga tak mampu bayar BPJS Mandiri lagi.


"Kita dari Tim RPLA minta bantu kepada Kadis Kesehatan, kiranya diberikan BPJS Gratis. Sehingga untuk pengobatan Aisyah tidak terkendala dalam perawatan selanjutnya" kata Erik didampingi temannya Iskandar, Zardini, Syafrizal, Arifin Husen, Hidayat dan Ichang.


Alhamdulillah, kata Happy Neldy, berkat komunikasi yang baik dengan Kadis Kesehatan Aspinuddin yang cepat tanggap, maka ia merespon dengan menyuruh turun Kepala Puskesmas Sikabu Yanti bersama Bidan Desa ke lokasi rumah Aisyah.


"Disini, terjadi diskusi antara Tim RPLA dan tokoh masyarakat dengan Kepala Puskesmas Yanti tentang penanganan Aisyah kedepannya. Dan, Kepala Puskesmas Sikabu berjanji yang mengurus BPJS Gratis ini" ucap Happy.


Insya' Allah, ucap Kepala Puskesmas Sikabu Yanti itu dihadapan Tim RPLA, Happy Neldy dan beberapa tokoh masyarakat lainnya bahwa pada bulan Juni 2023 depan, telah aktif dan sudah bisa dipergunakan BPJS Gratis Aisyah tersebut untuk berobat di Puskesmas maupun di Rumah Sakit (RS) nantinya.(saco).