UmSumbar, kembali Wisuda 225 Lulusan -->

Iklan Atas

UmSumbar, kembali Wisuda 225 Lulusan

Rabu, 10 Mei 2023




.

Padang, fajarsumbar.comUniversitas Muhamadiah Sumatera Barat (UMSumbar) kembali melepas 225 orang lulusan pada prosesi wisuda yang digelar secara luring di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA Kampus 1 UMSumbar Jl Pasir Kandang Padang, Sabtu (13/05/2023.



Pada wisuda yang berlangsung dalam rapat senat terbuka itu, diisi dengan orasi ilmiah oleh Erlinda Syam, Ph.D (Dosen tetap FKIP UM Sumatera Barat yang juga Alumi dari Deakin University, Australia.

Prosesi wisuda yang dihadiri Rektor UMSumbar Dr. Riki Saputra, MA itu, Perwakilan dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Gubernur Sumatera Barat, Koordinator Kopertais Wilayah VI, ketua LLDIKTI Wilayah X, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Aisyah Sumatera Barat, juga undangan lainnya.

Hal ini, disampaikan Kepala Biro Adminitrasi Akademik dan Umum UMSumbar Alfizal. SE. M.Pd didampingi Ketua panitia penyelenggara Wisuda Noril Milantara. M. Hut, ketika dikonfirmasi fajarsumbar.com di Kampus UMSumbar Rabu, (10/05/2023).

Menurut Alfizal, dengan wisuda ke 72 ini, maka UMSumbar, telah menghasilkan alumni  sebanyak 14.754 orang.

"Dari segi jumlah mahasiswa UMSumbar yang masih aktif berjumlah 5.037 orang dengan jumlah dosen sebanyak 199 orang," ujarnya.

Dari sejumlah wisudawan/wisudawati tersebut, dinyatakan sebagai lulusan terbaik di tingkat Universitas, yakni dari Fakultas Agama Islam program studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) atas nama Al-mujadedi dengan Indek Prestasi Kamulatif (IPK) 3.98 dengan masa studi 3.5 Tahun.

Adapun terdapat suatu hal yang unik, sebut Alfizal, yaitu peserta wisuda dari program sarjana strata I (S-I), telah memasuki usia ke 70 tahun.

Wisudawan ini, atas nama  Zulhijjah, dari program studi Bimbingan Konseling Islam dengan menyelesaikan studi dalam waktu 4.5 tahun dengan IPK 3.51.

Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa tidak ada alasan usia untuk tidak belajar atau menuntut ilmu. "Ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk semakin giat lmenuntut ilmu dan menjadi pribadi yang bermamfaat bagi sesama," kata Koordinator wisuda UMSumbar itu.

Dari segi prodi pada  UMSumbar, sebut Alfizal, hampir semua prodi telah terakredisi baik dan sangat baik, namun yang unggul prodi di Pascasarjana begitu juga dengan akreditasi Intitusi.

Menyinggung pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMSumbar Tahun Akademik 2023/2024, menurutnya, untuk gelombang pertama telah berlangsung dari Januari hingga Juni dan Gelombang kedua Juli hingga September nanti. "Dengan target mahasiswa baru sekitar 2 Ribu orang," sebutnya.

Sementara itu, Ketua panitia wisuda UMSumbar Noril Milantara menjelaskan, wisudawan/widudawati tersebut berasal dari 11 Fakultas dan 21 Program Studi (Prodi) yang tersebar pada 4 Kapus di Sumatera Barat, meliputi Kampus UMSumbar yang berlokasi di Padang, kemudian kampus UmSumbar Padang Panjang, UmSumbar Bukittinggi dan kampus UMSumbar Payakumbuh.

Rincian, wisudawan/ wisudawati yang diwisuda melalui rapat senat terbuka itu, terdiri dari program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam S2 14 orang, FKIP dengan prodi Pendidikan Bahasa Inggris 7 orang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1 orang, 

Fakultas Pertanian prodi Agribisnis 3 orang, Agroteknologi 5 orang, Fakultas Agama Islam  prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) 11 orang, Pendidikan Agama Islam18 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah 9 orang, Bimbingan Konseling Islam12 orang dan Pendidikan Bahasa Arab
5 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi prodi Akuntansi 12 orang, Manajemen 12 orang, Fakultas Kehutanan prodi Kehutanan 17 orang, Fakultas Ilmu Politik 3 orang, Fakultas Teknik prodi Teknik Elektro 7 orang, Teknik Mesin 17 orang dan Teknik Sipil 22 orang,

Dari Fakultas Pariwisata prodi Perhotelan 8 orang, Fakultas Kesehatan Administrasi  Rumah Sakit 1 orang, Kebidanan 1 orang dan Fakultas Hukum prodi Ilmu Hukum 39 orang.

Prosesi wisuda ke 72 periode I Tahun Akademik 2022/2023 ini, akan disiarkan secara live melalui akun youtube resmi UM Sumatera Barat," ucap Kepala prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan UMSumbar itu.( RDz )