Unand, Miliki The Gade Creative Lounge di Gedung Perpustakaan -->

Iklan Atas

Unand, Miliki The Gade Creative Lounge di Gedung Perpustakaan

Kamis, 25 Mei 2023

.


Padang, fajarsumbar.com - Universitas Andalas (Unand) dan PT Pegadaian melakukan kerjasama strategis untuk pengembangan dan memperluas peluang karir bagi mahasiswa guna menghadapi tantangan era digital yang terus berkembang. 


Kerjasama dalam rangka pembukaan "The Gade Creative Lounge" (TGCL) ini diisi dengan talkshow pengembangan karir di era digital yang dipandu Danny Hidayat, SE, M.M, CMA, CEIP, CEAP Dosen  Fakultas Ekonomi Unand.

Sebagai narasumber, menghadirkan Valeni Suryaningsih, SE, MM, CHRTDS, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand serta Arifmon, SE, MH, Divisi Head Pegadaian Corporate University.

Kegiatan talkshow dan The Gade Creative Lounge (TGCL) ini diresmikan di gedung Perpustakaan Unand Limau Manis Padang Rabu, (24/05/2023).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan utaian buga oleh Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah bersama Wakil Rektor IV Unand Dr.Hefrizal Handra, M. Sos. SC.

Dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat, Yusri,
Wakil Ketua Majelis Wali Amanat Unand Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA, Tim dari Kantor PT Pegadaian, para Dekan, Civitas Akademika Unand dan secara daring dihadiri, Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri. SH. MH.

Pada kesempatan itu, Rektor Unand, diwakili Wakil Rektor IV, Dr. Hefrizal Handra, M.Sos,SC mengatakan, pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks di era digital.

Dengan adanya kerjasama ini, Unand dengan PT Pegadaian ini diharapkan dapat memperdalam pengetahuan dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif dan terhubung dengan perkembangan teknologi terkini.

Ia atas nama institusi pendidikan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT Pegadaian atas kerjasama ini.

Kedepan Unand berharap akan lebih banyak lagi bantuan dari pihak luar untuk membantu pengembangan sumber daya manusia di lingkungan kampus Unand.

Seiring adanya TGCL tersebut, kita juga membutuhkan dukungan dana untuk pengembangan infrastruktur, karena hampir semua pembangunan infrastruktur di Unand ini berasal dari berbagai sumber," sebutnya.

Bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan merupakan sumber dana yang terbesar.

Kemudian dari bantuan CSR baik BUMN maupun badan usaha milik swasta serta dari Pemerintah Daerah dan sumber lainya.

Ia menuturkan, untuk membangunan infrastruktur Unand, mendapatkan dukungan dana dari hasil kerja sama dengan beberapa pihak. Dana yang dikumpulkan dari mahasiswa lebih banyak digunakan untuk menopang biaya operasional kampus.

Ditempat yang sama, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah mengatakan, suatu kolaborasi sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten guna beradaptasi dengan perubahan di era digital. 

Melalui kerjasama, diharapkan para mahasiswa Unand akan dapat mengakses peluang karir yang lebih luas dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri.

Lanjut Eka, diera digital keterampilan dan pengetahuan yang relevan sangat penting.

Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat memberikan wawasan dan pelatihan kepada mahasiswa Unand agar mereka dapat menjadi profesional yang siap bersaing di dunia kerja.

Kegiatan talkshow, juga menjadi sebuah momentum peresmian dari TGCL yang dapat menjadi sebuah inisiatif kolaboratif antara Unand dengan PT Pegadaian. 

Tak hanya itu, TGCL juga bertujuan agar dapat menjadi suatu pusat pengembangan kreativitas dan inovasi bagi mahasiswa Unand.

Selain itu menyediakan berbagai fasilitas dan dukungan untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide baru dan berkreasi.

Sebut Eka, kerjasama antara Unand dengan PT Pegadaian, agar terus ditingkatkan komitmen, guna meningkatkan kualitas pendidikan, menghubungkan dunia akademik dengan industri dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang terus mengalami perubahan.

"Kerjasama PT Pegadaian dengan Unand terkait TGCL ini ujar Eka, merupakan salah satu bentuk corporate social responsibility (CSR) / dana tanggung jawab sosial dari PT Pegadaian. terhadap perguruan tinggi," imbuhnya

Disamping itu, TGCL dalam rangka  mewujudkan visi dari divisi CSR PT Pegadaian di bidang pendidikan, sekaligus mendekatkan Pegadaian terhadap warga kampus

Kemudian bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berkumpul, berdiskusi dan menggali ide serta mempersiapkan diri mereka menjadi calon interpreneur nantinya.

Berbicara tentang upaya agar mahasiswa bisa sebagai interpeneur, ucap Eka, pihaknya berencana memberikan pelatihan berwirausaha terlebih dahulu kepada mahasiswa.

Dengan harapan, jika nanti sudah terbentuk wirausahawan muda dari kampus Unand, maka mereka akan punya bekal untuk membuat dan membangun usaha secara mandiri dan menjalankan usahanya dengan benar," harapnya.

Menurut Eka, keberadaan TGCL yang diadakan PT Pegadaian sudah tersebar pada 10 Kampus di Indonesia termasuk Unand, namun yang terbanyak pada kampus- kampus di Pulau Jawa.

PT Pengadaian  menargetkan tahun 2023 telah berdiri 17 unit The Gade Creative Lounge (TGCL) di seluruh Indonesia," sembari mengakhiri sambutanya.(*)