Unes Gelar Kuliah Umum, Kapolda Sumbar Sebagai Narasumber -->

Iklan Atas

Unes Gelar Kuliah Umum, Kapolda Sumbar Sebagai Narasumber

Minggu, 14 Mei 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) Prof. Drs. Andi Suryaman Mustari Pide menyampaikan apresiasi yang tinggi, kepada pihak- pihak yang tak henti- hentinya memberikan atensi kepada Univerditas Eka Sakti (UNES) Padang dan kususnya kepada Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.I.K.S.H.

Tak hanya itu, namun dari segi progresitas kemajuan UNES dibawah naungan YPTP, tidak dapat mencapai tujuan luhurnya, tanpa atensi dan dukungan dari mitra serta kolaburator yang komit terhadap kemajuan bangsa, khususnya dibidang pendidikan.

Dialog, Sering Kolobarasi yang pertama kali ini, menurut Prof. Andi Suryaman Mustari Pide, manfaatnya tidak hanya bagi kalangan mahasiswa dan kampus saja, namun secara sinigifikan diharapkan mampu dirasakan oleh masyarakat luas ketika sinergi dan kalobarasi ini betul- betul bisa dibangun secara berkesinambungan dan berkala.

Dengan membuka ruang kolaborasi dalam membangun kedekatan intelektual kusus dengan jajaran Polda Sumbar, besar harapan kami
(Unes) khususnya mendapat ruang ruang dan kesepatan untuk memperoleh dan berkontribusi terhadap berjalannya sup sistem hukum Indonesia.

"Dalam hal ini eksistensi lembaga Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Wilayah Propinsi Sumatera Barat," ucapnya.

Rektor UNES Prof. Dr. Marsidin M.pd, mengatakan, topik
dialog tersebut dengan tema sharing dan kolaborasi polri dan Perguruan tinggi dalam melaksanakan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) itu,
merupakan kolaborasi pertama antara Uversitas Eka Sakti dengan Polda Sumbar.

Pada kegiatan berikutnya diharapkan Kapolda Sumbar, berkesempatan memberikan dialog dihadapan wisudawan/wisudawati Unes di Auditiroum Kampus UNES AAI Padang, tanggal 27 Mei 2023.

Pada kegiatan dialog dan Sering Civitas Akademika UNES ini, sedikitnya dihadiri puluhan mahasiswa hukum S1 dan S2 serta mahasiswa dari berbagai PTS di Kota Padang, kemudian dosen, Dekan dan Wakil Rektor UNES.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH mengatakan, situasi keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Sumatera Barat, kondisinya secara umum dalam keadaan aman dan kondusif.

Selaku umat beragama, Kapolda juga menyampaikan bahwa, jadikan agama sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Ini dimaksudkan agar hidup kita menjadi tentram dan nyaman serta lebih terarah, kata
Irjen Pol Suharyono,
dihadapan peserta kuliah umum itu.

Lebih jauh Jenderal Bintang Dua itu mengatakan, Polri akan berupaya selalu memberikan keamanan kepada masyarakat dan juga akan siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Polri tidak bisa bekerja tanpa adanya dukungan dari masyarakat maupun stakeholder terkait.

Jadi peran kita untuk menjaga kamtibmas sangatlah penting," ujar Jenderal bintang dua itu.

Ia menyebutkan saat ini sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang berhati Indonesia, serta berideologi Pancasila.

Selain itu SDM unggul yang berintoleran dan berakhlak mulia, unggul belajar bekerja keras dan berdedikasi," sebutya.

Menyinggung tentang harkat aman dalam kamtibmas, menurut Irjen Suharyono ada empat harkat aman itu, yakni safety, security, surety kepastian hukum, peace merasa tentram dan damai.

Selain itu, di dalam hukum atau kegiatan apapun sangat diperlukan berpikir secara analisis.

"Apalagi menjadi pemimpin kemudian juga penting langkah analisis, prediksi, rekomendasi, cek re cek, cross cek, last cek dan final cek, ucapnya.

“Kemudian untuk menjadi pemimpin ada 5 modal yang harus dimiliki yakni smile, speak, smart, sport, sing,”sembari mengakhiri paparanya.(RDz)