Wabup Richi Tutup Alek Pacu Jawi di Nagari III Koto Rambatan -->

Iklan Atas

Wabup Richi Tutup Alek Pacu Jawi di Nagari III Koto Rambatan

Minggu, 14 Mei 2023

Wabup Richi Aprian tutup Alek Anak Nagari Pacu Jawi, di Nagari III Koto Rambatan


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Setelah berjalan tiga pekan lamanya, pengelaran Alek Anak Nagari Pacu Jawi, di Sawah Gadang Tarantang Sayang Padang Luar, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Sabtu (13/5/2023), ditutup secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, ia pun mengatakan alek anak nagari Pacu Jawi sebagai bentuk pelestarian adat budaya di Luhak Nan Tuo ini. 


"Pergelaran Alek nak Nagari Pacu Jawi sebagai perhelatan tertua di Tanah Datar, memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat," ujar Wabup Richi.


Benar sekali, Pacu Jawi di Tanah Datar sudah terselenggara dari jaman dahulu kala, yang hanya diadakan di empat Kecamatan yakni Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab. "Maka dari itu masyarakat untuk terus mendukung, pelestarian tradisi Alek Anak Nagari Pacu Jawi sesuai dengan filosofi, adat dan budayanya," ujar Richi Aprian. 


"Banyak wisatawan domestik maupun mancanagera hadir pada hari ini, selain melihat secara langsung pegelaran Pacu Jawi. Tentu ada lebih menarik perhatiannya, yakni kentalnya adat dan budaya, ini harus dijaga," pungkas Wabup. 


Di kesempatan yang sama, Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo mengatakan, Pacu Jawi akan membangkitkan potensi Nagari III Koto, sehingga mampu mendukung program unggulan pemerintah Tanah Datar.


"Berbicara adat dan budaya melalui pegelaran Pacu Jawi, tidak pernah habisnya. Banyak makna yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, sudah sepantasnya semua pihak, bertanggung jawab melestarikannya," ujarnya.


Sementara itu, Wali Nagari III Koto Willy Adha mengucapkan rasa terima kasihnya ke seluruh pihak, sehingga Alek Anak Nagari Pacu Jawi terlaksana dengan aman lancar.


Bahwa untuk pegelaran Pacu Jawi di Nagari III Koto, akan terus dikembangkan untuk memberikan dampak yang lebih luar biasa bagi masyarakat. "Ke depan, kita akan tingkatkan lagi perhelatan Pacu Jawi di Nagari III Koto. Maka dari itu, mohon dukungan seluruh pihak agar apa yang direncanakan dapat terwujud," ujarnya. (F12)