105 Keluarga Dapat Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni -->

Iklan Atas

105 Keluarga Dapat Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Selasa, 25 Juli 2023
Dua keluarga ketika menerima bantuan rehab rumah yang diserahrahkan secacara simbolis oleh Walikota Fadly Amran.


Padang Panjang, fajarsumbar.om - Sebanyak 105 keluarga berpenghasilan rendah dan tinggal di rumah tidak layak huni di Kota Padang Panjang menerima bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). 


Masing-masing keluarga dibantu Rp20 juta.


Bantuan ini merupakan program kegiatan  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) serta pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Padang Panjang. 


Bantuan diserahkan Wako Fadly Amran secara simbolis  ketika kegiatan sosialisasi kegiatan perbaikan RTLH, Selasa (25/7) di balaikota.


Hadir mendampingi allikota Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si dan Kepala Dinas  Perkim LH, Alvi Sena, M.T.


Wako Fadly menyampaikan, sejak awal kepemimpinannya pada 2018, rehab RTLH menjadi salah satu kegiatan strategis pemko. Target yang dicantumkan pada RPJMD 2018-2023, yaitu berkurangnya jumlah RTLH sebesar 25% dalam 5 tahun sekitar 286 unit. 


Anggaran program ini dialokasikan setiap tahun melalui APBD. Diperjuangkan juga melalui APBN dan APBD Provinsi Sumatra Barat.


Hasil evaluasi, sebutnya, pada 2018  teridentifikasi RTLH 984 unit.

Namun 2022  RTLH yang tersisa tinggal 329 unit. 


“Terjadi penurunan 2018-2022 sebanyak 655 unit atau 66%. Target 2023  seluruh rumah yang ada di Kota Padang Panjang harus layak huni, minimal 97,1 %,” katanya.


Sementara itu Alvi Sena mengatakan, dari total nilai bantuan Rp20 juta ini, nilai bantuan bahan material Rp17,5 juta termasuk pajak dan bantuan upah Rp2,5 juta. 


Sosialiasi diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada calon penerima bantuan tentang tata cara penyaluran dana bedah rumah nantinya. 


“Harapannya tersedianya hunian yang layak untuk ditinggali. Terlaksananya penyaluran bantuan perbaikan rumah dengan baik dan lancar sehingga tujuan dari program ini tercapai,” kata Alvi Sena. (syam)