Dilepas Bupati Safaruddin, Aulia Rahma Okto Bendsi Delegasi Kabupaten Limapuluh Kota pada FAN 2023 -->

Iklan Atas

Dilepas Bupati Safaruddin, Aulia Rahma Okto Bendsi Delegasi Kabupaten Limapuluh Kota pada FAN 2023

Kamis, 20 Juli 2023
.


Limapuluh Kota, Diskominfo --Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu malam, (19/07/2023), Bupati Limapuluh Kota H.Safaruddin Dt.Bandaro Rajo melepas Aulia Rahma Okto Bendsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Harau sebagai Delegasi Kabupaten Limapuluh Kota pada Forum Anak Nasional (FAN) tahun 2023. Bertemakan “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak,”, Hari Anak Nasional 2023 dipusatkan di Semarang pada 20-24 Juli yang akan diikuti oleh 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Didampingi orang tua, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKBPPPA) Ayu Mitria Fadri serta Kepala SMA N 1 Harau Afrizal, pelepasan Aulia diselenggarakan secara sederhana.


Bupati Safaruddin dalam penyampaiannya mengucapkan selamat kepada Aulia sebagai delegasi Limapuluh Kota pada FAN 2023. Bupati berharap Aulia mampu mengikuti FAN sebaik mungkin agar bisa jadi pelopor Indonesia bangkit bergerak, maju serentak dan selamanya berdampak di Limapuluh Kota. "Ikutilah kegiatan tersebut sebaik mungkin, eksplorasi seluruh potensi yang ananda miliki, ukirlah prestasi demi kebanggaan keluarga, sekolah, dan Kabupaten Limapuluh Kota," sambungnya. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua, Sekolah (Kepala sekolah), Dinas terkait, sehingga delegasi Limapuluh Kota bisa ikut serta pada FAN 2023. Selain itu Bupati Safaruddin mengingatkan agar Aulia bisa mempromosikan keelolan budaya dan pariwisata.


Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Limapuluh Kota Ayu Mitria menyampaikan, Forum Anak dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, dan Desa/ Kelurahan. 


"Forum Anak memiliki peran penting sebagai Pelopor dan Pelapor (2 P) serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan. Sebagai pelopor, peran Forum anak untuk selalu berkontribusi aktif dalam berbagai upaya dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus. 


Peran sebagai Pelapor yakni dengan melaporkan hambatan-hambatan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak kepada pemerintah, melalui Tim yang tergabung dalam Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), yang juga sebagai Leading Sector Dinas KBPPPPA," jelasnya. Ayu berharap Aulia menyerap seluruh ilmu yang ada pada FAN 2023 dalam upaya mewujudkan. Indonesia bangkit bergerak, maju serentak dan selamanya berdampak.


Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2023 direncanakan akan berpusat di Simpang Lima Semarang dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Sebelum puncak peringatan, sebanyak 700 anak dari seluruh Indonesia akan mengikuti kegiatan diskusi dan seminar Forum Anak Nasional (FAN) 2023. Selain diskusi, anak-anak direncanakan juga akan diajak beraktivitas dan berinteraksi melalui fun game, permainan tradisional, outbond, city tour, dan booth-booth menarik lainnya. (ul)