Penyanyi dan Aktivis Irlandia, Sinéad O'Connor, Meninggal Dunia pada Usia 56 Tahun -->

Iklan Atas

Penyanyi dan Aktivis Irlandia, Sinéad O'Connor, Meninggal Dunia pada Usia 56 Tahun

Kamis, 27 Juli 2023

 

Sinead O'Connor

Jakarta - Dunia musik dan aktivisme Irlandia berduka atas meninggalnya penyanyi terkenal, Sinéad O'Connor, yang wafat pada usia 56 tahun. Kabar duka ini pertama kali diumumkan oleh keluarganya pada Rabu, 26 Juli 2023, waktu setempat, meninggalkan keluarga dan orang-orang terdekatnya merasa begitu terpukul dengan kepergiannya.


Perpisahan dengan Sinéad O'Connor tidak hanya menyisakan kesedihan bagi keluarga dan kerabat, namun juga bagi seluruh masyarakat Irlandia. Taoiseach (PM Irlandia) Leo Varadkar menyatakan bahwa musiknya dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tak tertandingi. Presiden Irlandia Michael D Higgins juga memuji keaslian O'Connor serta suaranya yang indah dan unik.


"Dengan kepergiannya pada usia yang relatif muda, Irlandia telah kehilangan salah satu komposer, penulis lagu, dan pemain terbesar dan paling berbakat dalam beberapa dekade terakhir. Dia adalah sosok yang memiliki bakat unik dan ikatan yang luar biasa dengan para pendengarnya, yang semuanya memberinya cinta dan kasih sayang yang begitu besar," ucap Presiden Higgins.


Kabar meninggalnya O'Connor juga mengguncang pembuat film Belfast, Kathryn Ferguson. Ia merupakan salah satu dari beberapa orang terakhir yang berbicara dengan O'Connor sebelum kepergiannya. Ferguson tengah mengerjakan film dokumenter tentang O'Connor berjudul "Nothing Compares," sebuah penghormatan istimewa bagi O'Connor. Rencananya, film tersebut akan dirilis pada Sabtu, 29 Juli 2023 mendatang.


"Bagi saya, film ini adalah surat cinta untuk Sinéad. Proses pembuatannya berlangsung bertahun-tahun. Film ini dibuat sebagai bentuk pengaruhnya terhadap saya sebagai gadis muda yang tumbuh di Irlandia. Ia adalah salah satu musisi paling radikal dan luar biasa yang pernah kami miliki. Kami merasa sangat beruntung bisa memiliki dirinya," ujar Kathryn Ferguson saat diwawancarai oleh BBC Radio 4's Front Row.


Tak hanya di media tradisional, media sosial juga dipenuhi dengan penghormatan dan ucapan belasungkawa atas kepergian penyanyi hebat ini, seperti yang disampaikan oleh penyanyi Alison Moyet. Alison menggambarkan Sinéad O'Connor memiliki kehadiran yang mencengangkan dan suara yang "memecahkan batu dengan kekuatan secara bertahap."


Hingga saat ini, penyebab kematian dari penyanyi yang terkenal melalui lagu "Nothing Compares 2 U" belum diungkapkan kepada publik. Semua pihak masih berduka dan menanti informasi lebih lanjut terkait peristiwa ini. Semoga amal dan karya-karya Sinéad O'Connor tetap dikenang dan menginspirasi banyak orang di masa mendatang.(des)