Mulai hari ini Penerimaan Mahasiswa Baru FK UNP Angkatan Perdana 2023 -->

Iklan Atas

Mulai hari ini Penerimaan Mahasiswa Baru FK UNP Angkatan Perdana 2023

Selasa, 01 Agustus 2023


.

Padang, fajarsumbar.com – Dua program studi ( prodi) baru Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (UNP), telah memenuhi syarat dan memperoleh Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).


Seiring dengan hal itu, terbit Surat Keputusan (SK) Rektor untuk peresmian dan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru FK-UNP yang berlokasi di Bukittinggi.

Rektor UNP. Prof Ganefri.Ph.D mengemukan hal itu, ketika jumpa pers, dengan awak media di Ruang Sidang Rektor Lantai IV Kampus UNP Air Tawar Padang, Selasa, (01/08/2023).

Tampak hadir WR I UNP Dr. Refnaldi, M.Litt, WR IV Prof. Dr. Yasri, MS, Dekan FK Dr. dr. Rika Susanti, Kepala Kantor Layanan Informasi, Humas dan protokoler Okki Trinanda, SE, MM, Kepala UPT. Layanan Data
dan Teknologi Informasi  Dr. Tali, MT

Dengan demikian kata Rektor UNP Prof. Ganefri, maka Fakultas Kedokteran UNP Tahun Akademik 2023/2024, siap  membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru Fakultas Kedokteran secara online melalui laman https://spmb.unp.ac.id

Penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama FK UNP ini, katanya, dibawah pembinaan FK-Unand yang didukung oleh Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukitinggi sebagai rumah sakit pendidikan utama FK UNP.

Adapun syarat dalam penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UNP ini, yakni melalui seleksi nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan mulai tanggal 1/8 Agustus 2023.

"Pengumuman hasil seleksi nilai UTBK tanggal 10 Agustus 2023, sedangkan pendaftaran online seleksi untuk ujian tulis dari 1/15 Agustus 2023 dan UTBK tanggal 18 Agustus 2023, ujarnya.

Menyinggung tentang pelaksanaan perkuliahan bagi mahasiswa baru FK UNP, Prof Ganefri mengatakan, akan dipusatkan pada Kampus UNP Bukittinggi dengan Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittingi sebagai rumah sakit pusat pendidikan utama.

Lebih lanjut Ia mengatakan, kampus FK UNP di Bukitinggi sudah memenuhi standar smart building dengan menggunakan sistem full digital lengkap begitu juga dengan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan kedokteran.

Adapun biaya pendidikan untuk mahasiswa baru FK UNP Tahun 2023 ini, adalah Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)  sebesar 75 juta, sedangan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 12,5 juta per semester.

Penerimaan mahasiswa baru FK UNP tahun 2023 ini, memiliki kuota 50 orang, dari jumlah kuota tersebut 20 persen kusus untuk calon mahasiswa kurang mampu bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dengan prestasi akademik tinggi.

Pada tahap perdana perkuliahan  FK UNP dibina langsung olah FK Unand baik dari segi
kurikulum yang digunakan maupun SDM tenaga pengajar dan semuanya dosen dari FK Unand.

"Untuk melaksanakan perkulihan di FK UNP Bukittinggi tersebut, UNP telah mengangkat 26 orang dosen baru dan 36 orang dosen yang menjalani kontrak kerja mulai Januari 2023," imbuh Prof. Ganefri.

Sementara itu Efrida Wakil Dekan FK Unand melalui virtual meeting mendukung sepenuhnya untuk melakukan pembinaan FK UNP mulai dari tahap teknis sampai pelaksanaan pendidikan.

Dukungan ini sebut Efrida, sehubungan  UNP telah membuka fakultas kedokteran dalam rangka mewujudkan inovasi baru dibidang ilmu kedokteran.

Hal ini sehubungan FK Unand telah membantu pelaksanaan pendidikan dengan menyediakan dosen pengajar begitu juga dengan kurikulum  pendidikan.

"Disisi lain, akan terus dilakukan evaluasi serta monitoring untuk penyempurnaan kegiatan perkulihaan mahasiswa FK UNP," imbuhnya.

Secara virtual, juga turut hadir dan memberikan support Direktur RSUD Dr.Achmad Muchtar Bukittinggi Drg. Busril, MPH terkait pembukaan FK UNP tersebut.

Kami dari pengelola rumah sakit memberikan support yang penuh kepada FK UNP, sebagai rumah sakit tempat pendidikan utama bagi mahasiswa kedokteran UNP," kata Drg Busril.(*)