Gubernur Mahyeldi Apresiasi Semangat Masyarakat Memajukan Sepak Bola Sumbar -->

Iklan Atas

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Semangat Masyarakat Memajukan Sepak Bola Sumbar

Sabtu, 09 September 2023
.


Payakumbuh - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah membuka Open Turnamen Koto Baru Sepakbola (KBS) CUP I Tahun 2023 di Lapangan Panca Dharma, Kelurahan Koto Baru, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sabtu, (9/9/2023). Mahyeldi mengapresiasi semangat masyarakat dalam memajukan bidang persepakbolaan di Sumbar.


"Kita bersyukur, akhir-akhir ini semakin banyak turnamen sepak bola yang digelar di Sumbar, skopnya pun beragam, mulai dari tingkat nagari hingga provinsi. Itu positif untuk mengasah kemampuan dan mental para pesepak bola lokal atas dasar itulah hari ini saya hadir," kata Gubernur Mahyeldi.


Melihat dinamika persepakbolaan Sumbar yang semakin positif. Gubernur berharap, akan semakin banyak lahir pesepakbola muda dari Sumbar yang mampu menembus level nasional.


"Tahun ini saja, ada 4 orang pesepakbola Sumbar yang dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas U-17, padahal dalam 2 tahun terakhir, kompetisi sepak bola di daerah tidak semasif sekarang, karena terhalang Pandemi Covid-19," ungkap mantan Walikota Padang 2 periode tersebut.


Dirinya meyakini, ketika pola pembinaan berjalan konsisten dan agenda kompetisi berjenjang terlaksana rutin akan lebih banyak pesepakbola Sumbar yang bisa berkiprah di level klub profesional atau bahkan di tim nasional.


"Secara bertahap kita di provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga terus mengupayakan, agar pembinaan dan kompetisi berjenjang pada setiap cabang olahraga berprestasi dapat digelar secara rutin," tukuk Mahyeldi.


Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Open Turnamen KBS  CUP I Tahun 2023, Badirizal Dt. Indo Marajo Nan Mulie menyebutkan turnamen ini tidak hanya diikuti oleh klub sepak bola asal Sumbar tapi juga melibatkan klub asal Riau.


"Ada 14 klub yang berkompetisi pada turnamen KBS Cup 2023 ini, tidak hanya dari Sumbar tapi juga ada yang dari Riau," sebut Badirizal Dt. Indo Marajo Nan Mulie.


Mengingat sepak bola adalah olah raga paling merakyat di Indonesia dan diminati oleh seluruh kalangan. Ia berharap, kedepan pemerintah dapat menfasilitasi kompetisi secara berkala bagi klub-klub lokal non profesional. Tujuannya agar bibit-bibit pesepakbola handal dapat terpantau dan para pemain pun memiliki semangat untuk terus berlatih. (adpsb)