Intensitas Hujan Masih Tinggi, Fenomena El Nino Belum Berdampak di Kota Padang -->

Iklan Atas

Intensitas Hujan Masih Tinggi, Fenomena El Nino Belum Berdampak di Kota Padang

Jumat, 01 September 2023

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani.


Padang - Dinas Pertanian Kota Padang memberikan keterangan bahwa fenomena El Nino belum menunjukkan dampak di wilayah Kota Padang. Indikasi dari hal ini terlihat dari tingginya intensitas curah hujan yang masih sering terjadi di kota ini.


"Sejauh ini, dampak El Nino belum dirasakan di Kota Padang. Hal ini dapat diamati dari masih seringnya hujan di wilayah Kota Padang," ungkap Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, pada hari sebelumnya.


Yoice menjelaskan bahwa perkembangan fenomena El Nino tampaknya berdampak pada wilayah Jawa dan timur Indonesia.


"Tentu saja, situasi ini tidak diharapkan. Namun, jika El Nino akhirnya mempengaruhi Kota Padang, para petani dapat bersiap dengan melakukan pemantauan terhadap hama dan penyakit tanaman," lanjutnya.


Yoice menjelaskan bahwa saat kemarau datang dan menyebabkan kekeringan, risiko hama atau penyakit pada tanaman akan meningkat dengan cepat.


"Selain itu, pengelolaan irigasi juga menjadi kunci. Dalam mengelola irigasi, masyarakat dan petani perlu menjadi lebih selektif. Mereka harus bijak dalam mengatur aliran air ke lahan pertanian," jelasnya.


Dalam penggambaran Yoice, selama musim hujan, penggunaan air dapat lebih melimpah. Namun, di saat kemarau, pengelolaan air perlu dilakukan secara cermat. Terutama dalam P3A (Pengelolaan Pemanfaatan Air), distribusi air harus diatur sedemikian rupa agar semua pihak mendapatkan pasokan air yang cukup.


"Jika kelompok tani memiliki pompa air untuk sawah dan sumber air yang dekat, mereka dapat berkontribusi dalam mendistribusikan air. Beberapa kelompok tani sudah dilengkapi dengan pompa air," tambahnya.


Tidak lupa, Yoice menyoroti pentingnya pemilihan pupuk yang tepat selama periode El Nino.


"Kami mengimbau para petani untuk lebih banyak menggunakan pupuk organik jika El Nino terjadi. Pupuk organik dapat menjaga kelembaban tanah lebih baik daripada pupuk anorganik," paparnya.


Menurut penjelasan Yoice, pemilihan pupuk organik dianggap lebih efektif dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman saat El Nino. Sementara pupuk anorganik dapat menyebabkan tanah menjadi kering dan keras.


"Dalam harapan kami, El Nino tidak akan mempengaruhi Kota Padang. Namun jika terjadi, kami mengajak petani untuk mengikuti anjuran ini," tutupnya. (des)