Peningkatan Penjualan Mobil Suzuki Terjadi, Didorong oleh Mobil Hybrid -->

Iklan Atas

Peningkatan Penjualan Mobil Suzuki Terjadi, Didorong oleh Mobil Hybrid

Rabu, 27 September 2023
ilustrasi


Jakarta - Penjualan ritel mobil Suzuki mengalami peningkatan sebesar 12 persen pada bulan Agustus dibandingkan dengan bulan Juli. Peningkatan ini disebabkan oleh meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan, khususnya mobil-mobil hybrid.


Selama bulan Agustus, penjualan mobil penumpang Suzuki menyumbang sekitar 53 persen dari total penjualan, sementara sisanya adalah mobil komersial Carry. Di antara mobil penumpang, varian hybrid yang terdapat pada model XL7, Ertiga, dan Grand Vitara, mencapai 38 persen dari total penjualan mobil penumpang Suzuki.


Mobil penumpang Suzuki terlaris pada bulan Agustus adalah XL7, yang menyumbang sekitar 22 persen dari total penjualan. Lebih dari setengah dari penjualan XL7 tersebut adalah varian hybrid.


Selain itu, sekitar 58 persen dari penjualan Ertiga adalah varian hybrid, sementara Grand Vitara yang keseluruhannya menggunakan mesin hybrid mengalami peningkatan sebesar 46 persen pada bulan Agustus.


Randy R. Murdoko, Asisten Kepala Departemen Penjualan 4W PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan bahwa penjualan bulan Agustus dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Ia menjelaskan bahwa penjualan otomotif secara keseluruhan cenderung meningkat pada saat-saat besar seperti pameran otomotif yang diadakan pada bulan Agustus.


Meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan hybrid juga menjadi faktor penting dalam peningkatan penjualan. Suzuki telah menetapkan strategi untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan permintaan yang positif terhadap kendaraan ramah lingkungan menjadi dorongan yang positif.


Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan ritel untuk semua merek pada bulan Agustus mencapai 86.361 unit. Pada bulan yang sama, Suzuki berhasil menjual sebanyak 7.040 unit.


Selama periode Januari-Agustus, Suzuki telah menjual sebanyak 54.578 unit, mewakili pangsa pasar sebesar 8,2 persen. Saat ini, Suzuki menduduki peringkat kelima dalam daftar merek mobil terlaris selama delapan bulan tersebut.


Adapun merek-merek terlaris selama periode Januari-Agustus adalah Toyota (210.842 unit), Daihatsu (134.223 unit), Honda (86.856 unit), dan Mitsubishi (56.336 unit).(des)