Dosen FK UNP, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, Jadi Narasumber Upgrading dan Juri dalam PILMAPRESNAS ISMKI 2023 -->

Iklan Atas

Dosen FK UNP, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, Jadi Narasumber Upgrading dan Juri dalam PILMAPRESNAS ISMKI 2023

Minggu, 01 Oktober 2023


.

Padang, fajarsumbar.com - Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PILMAPRESNAS ISMKI) merupakan program kerja bidang Medical Education dan Profession (MEP) ISMKI yang bertujuan untuk mendata, menjaring, dan menyeleksi mahasiswa berprestasi di seluruh fakultas kedokteran di Indonesia dan untuk memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah mereka peroleh. 


Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, salah satu dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang, diundang menjadi narasumber "upgrading" yakni "training" khusus bagi para calon Mahasiswa Berprestasi Nasional  (MAPRESNAS) ISMKI 2023. Jumat, 29 September 2023.

Kegiatan "upgrading" ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka dalam hal skills terkait karya tulis ilmiah project dan peran yang harus diemban sebagai seorang Mahasiswa Berprestasi baik untuk diri sendiri, organisasi, atau pun masyarakat. 

Pada kesempatan ini Dr. Zuhrah yang berlatar belakang sebagai seorang dosen sekaligus doktoral di bidang gizi, CEO sebuah klinik tumbuh kembang anak, konselor gizi, public speaker, host tv/radio program, dan organisatoris ini memaparkan materi tentang manajemen diri dan tim. 

Kesehatan, manajemen waktu, kepercayaan diri, motivasi diri, manajemen stres, dan evaluasi diri adalah keahlian yang perlu dimiliki oleh mahasiswa untuk bisa melakukan manajemen diri. 

Kemampuan manjemen diri menjadi modal awal untuk bisa melakukan manajemen terhadap tim dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. 

Selain sebagai narasumber, Dr. Zuhrah juga menjadi juri terhadap essay ilmiah atau project yang menjadi karya peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (PILMAPRESNAS) ISMKI 2023 ini. 

Seluruh komponen penilaian terhadap peserta meliputi capaian prestasi, pengalaman yang telah diraih, dan hasil gagasan kreatif berupa esai, karya tulis ilmiah, dan rancangan project sebagai solusi terhadap masalah yang mereka temui. 

Turut hadir dr. Tommy Dharmawan, Sp. BTKV, PhD. sebagai pemateri Upgrading dengan topik "Problem Solving" sekaligus Ketua Junior Doctors Network Ikatan Dokter Indonesia (JDN IDI), dr. Arya Satya Rajanagara sebagai pemateri Upgrading dengan topik "Public Speaking & Influencing", dr. Dhapit Stint dan dr. Abdi Dzul Ikram, M. Biomed sebagai juri PILMAPRESNAS ISMKI 2023 sekaligus anggota JDN IDI.

Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis, 28 September 2023 hingga Minggu, 1 Oktober 2023 di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini. Menghadirkan enam delegasi calon MAPRESNAS yang berasal dari Univesitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Islam Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana, dan Universitas Pendidikan Ganesha yang telah berhasil lolos dari penjurian tahap pertama

Harapan di masa yang akan datang, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang yang merupakan fakultas baru di pertengahan tahun 2023 ini, dapat ikut aktif di organisasi ISMKI dan berpartisipasi dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional ISMKI pada tahun berikutnya.(*)