Pasokan Energi Primer Terjaga untuk Menjamin Kelistrikan di MotoGP Mandalika 2023 -->

Iklan Atas

Pasokan Energi Primer Terjaga untuk Menjamin Kelistrikan di MotoGP Mandalika 2023

Senin, 16 Oktober 2023
PLN EPI pastikan sumber energi pada MotoGP Mandalika


Jakarta - Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) dengan tegas memastikan kelancaran pasokan energi primer yang krusial untuk penyediaan listrik di wilayah sistem Lombok. Langkah ini diambil guna memastikan bahwa gelaran MotoGP Mandalika 2023, yang berlangsung pada tanggal 13-15 Oktober 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, akan berjalan tanpa gangguan listrik.


Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, menjelaskan bahwa salah satu elemen penting dalam memastikan kelistrikan yang handal adalah menjaga kelancaran pasokan energi primer. Subholding PLN EPI memainkan peran kunci dalam menjaga rantai pasok energi primer yang mencakup LNG, BBM, batu bara, dan biomassa untuk semua pembangkit, sehingga pasokan tersebut dalam keadaan aman.


"IKami memastikan stok energi primer dalam kondisi aman. Kami memantau dengan cermat proses bongkar muat energi primer, dan memastikan bahwa Hari Operasi Pembangkit (HOP) tetap di atas 20 hari. Tindakan ini adalah bagian penting dalam memastikan listrik yang andal tanpa gangguan selama gelaran internasional," katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (15/10/2023).


Iwan melanjutkan dengan merinci bahwa ada empat pembangkit yang menjadi tulang punggung kelistrikan sistem Lombok. PLTU Jeranjang 90 MW saat ini memiliki HOP sekitar 24,3 hari. IPP PLTU Lombok Energy Dynamic 50 MW telah dipasok dengan cukup batu bara.


Sedangkan PLTMGU Lombok Peaker 132,4 MW memiliki stok BBM sebesar 1.515 kiloliter BBM dan HOP di atas rata-rata. PLTMG MPP Jeranjang 51 MW juga memiliki stok BBM sebesar 1.353 kiloliter dan HOP yang di atas rata-rata.


"Kami memastikan bahwa seluruh pasokan energi primer sedang dalam proses bongkar muat dan siap digunakan. Untuk memastikan rantai pasok berjalan lancar, PLN EPI juga menyiapkan pasokan tambahan yang sudah terjadwal," katanya.


Pasokan listrik ke Mandalika diperoleh melalui GI Kuta (30 MVA) dan GI Sengkol (60 MVA), dengan sistem distribusi disuplai oleh 3 feeder (Mandalika1, Mandalika2, dan Sengkol) yang mengadopsi skema Zero Down Time (ZDT).


Selain itu, untuk memastikan kelancaran peralatan pendukung, PLN telah menyiapkan 18 unit Genset, 19 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 9 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 18 unit Automatic Transfer Switch (ATS). Persiapan personil juga telah dilakukan dengan melibatkan 180 orang, didukung oleh 25 unit mobil dan 12 unit sepeda motor.


Dengan upaya proaktif ini, PLN EPI berkomitmen untuk memastikan bahwa MotoGP Mandalika 2023 akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan listrik yang bisa mengganggu jalannya acara bergengsi ini. (BY)