Pemkab Solsel Serahkan Bantuan Korban Kebakaran -->

Iklan Atas

Pemkab Solsel Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Kamis, 05 Oktober 2023

Sekdakab Solok Selatan, selaku ketua PMI Solok Selatan didampingi Kalaksa, camat dan wali nagari saat. menyerahkan bantuan darurat kepada korban kebakaran.


Solsel, fajarsumbar.com - Akibat kemarau panjang yang melanda beberapa daerah di Solok Selatan (Solsel) dalam beberapa hari ini, sudah sering terjadi kebakaran, sebelumnya sebuah rumah permanen di KPGD hangus dilalap api. 


Hari ini Kamis 5/10/2023, sekira pukul 10.00 Wib terjadi lagi kebakaran sebuah rumah semi permanen milik Umis (60) di Jorong Lubuk Betung, Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, kerugian sekira Rp300 juta.


Kronologis, kejadian kebakaran yang dirilis oleh Kabid Damkar Solok Selatan Arnonsyah kepada awak, media menerangkan, api diduga dari ruangan dapur rumah  keluar asaf dan percikan api dan menyambar ke bagian  kayu kuda rumah akhirnya di lalap seluruh ruangan rumah tersebut,barang banyak tidak dapat diselamatkan. 


Keadaan di lokasi masih penyelidikan pihak berwajib, diperkirakan kerugian mencapai Rp. 300 juta. 


Tim pemadam dari Regu posko 3 dan   regu posko 1 Padang aro  bekerja dengan maksimal utk memutus mata rantai api supaya jangan menyebar ke rumah tetangga, karena cuaca yang sangat ekstrim. 


Hari itu juga pemda Solok Selatan melalui Sekdakab langsung turun kelokasi kebakaran dan membawa sejumlah OPD terkait dan memberikan bantuan dari Dinsos, BPBD, Baznas, Kesra kepada keluarga korban. 


Bantuan itu langsung diberikan secara simbolis oleh Sekdakab Syamsurizaldi didampingi, Kalaksa BPBD Novi Hendrix,Kabag Kesra Mahadolog, Camat Sangir Jujuan Elfi Hendri, Sekcam, Wali Nagari, humas PMI Solok Selatan Hendrivon. 


Sekda dalam arahanya saat itu mengatakan, Pemerintah daerah Solok Selatan sangat berduka atas musibah yang terjadi di jorong Lubuk Betung ini, sebelumnua kejadian yang sama juga terjadi di daerah KPGD. 


Sekda putra asli Lubuk Malako ini mengatskan, kejadian ini adalah pelajaran bagi kita bersama, memang saat ini sedang memasuki puncak-puncaknya El Nino, El Nino itu adalah siklus alam yang telah diprediksi oleh para ahli juah jauh hari, dimana terjadi musim panas cukup lama. 


Musim panasnya terjadi kekeringan di mana-mana karena itu, salah satu dampak dari El Nino adalah yang pertama akan terjadi namannya kebakaran tanah lahan, bisa saja kebakaran rumah. 


Kita dapat mengambil makna dari. musibah yang tidak kita inginkan ini, namun kami berharap kepada masyarakat, agar selalu waspada dan jika berpegian jangan. lupa. kontrol api dapur dan pastikan listriknya aman. (Abg)