Penyebab Shin Tae-yong Tidak Panggil Stefano Lilipaly dan Alfeandra Dewangga untuk Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam -->

Iklan Atas

Penyebab Shin Tae-yong Tidak Panggil Stefano Lilipaly dan Alfeandra Dewangga untuk Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Minggu, 08 Oktober 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong


Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengungkapkan alasan di balik keputusan Shin Tae-yong untuk tidak memanggil Stefano Lilipaly dan Alfeandra Dewangga dalam skuad Timnas Indonesia yang akan berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan melawan Brunei Darussalam dalam babak pertama kualifikasi, dengan leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 12 Oktober 2023, dan leg kedua di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, pada tanggal 17 Oktober 2023.


Dalam skuad Timnas Indonesia untuk pertandingan tersebut, Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain, termasuk pemain-pemain langganan seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman, serta 8 pemain yang bermain di luar negeri.


Meskipun demikian, Stefano Lilipaly, yang saat ini tampil gemilang bersama Borneo FC di Liga 1 2023-2024 dengan mencetak 6 gol dan 8 assist dalam 15 pertandingan, serta Alfeandra Dewangga, tidak termasuk dalam daftar pemain yang dipanggil.


Nova Arianto menyampaikan bahwa dalam proses pemilihan pemain, staf pelatih Timnas Indonesia menghadapi kesulitan karena banyak pemain yang tampil sangat baik di Liga 1 2023-2024.


"Dalam memanggil pemain banyak pertimbangan dari coaching staff, karena kami tahu banyak pemain yang tampil sangat baik di kompetisi dan bukan hanya 1 atau 2 pemain saja," kata Nova Arianto dalam akun Instagram pribadinya.


Namun, Nova Arianto juga menjelaskan bahwa Shin Tae-yong memiliki filosofi dan rencana permainan tersendiri untuk Timnas Indonesia, yang berbeda dengan gaya permainan klub-klub Liga 1 yang diperkuat oleh Stefano Lilipaly dan Alfeandra Dewangga. Selain itu, sikap dan karakter pemain juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan skuad.


"Head coach (Shin Tae-yong) punya Filosofi bermain dan pastinya akan berbeda dengan di klub karena pemain yang dipanggil akan disesuaikan dengan Game Plan yang akan dibuat saat menghadapi Brunei Darussalam," jelas Nova Arianto.


Nova Arianto menegaskan bahwa kepala pelatih telah mempertimbangkan karakter pemain yang telah dipanggil sebelumnya, baik di Tim Nasional senior maupun di level Timnas U-20. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk menghormati keputusan Shin Tae-yong dan memberikan dukungan penuh kepada skuad Timnas Indonesia dalam upaya mereka lolos ke babak selanjutnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.(BY)