Tim Pengabdian FPP UNP Latih Guru SMPN 9 Payakumbuh, Model -->

Iklan Atas

Tim Pengabdian FPP UNP Latih Guru SMPN 9 Payakumbuh, Model

Rabu, 18 Oktober 2023


.

Payakumbuh  fajarsumbar.com - Tim pengabdian dari Jurusan Tata Rias dan Kecantikan, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP) lakukan pelatihan implementasi model pembelajaran Project-Based Learning yang terintegrasi platform youtube sebagai upaya peningkatan kompetensi pedadogik bagi guru SMPN 9 Payakumbuh, Sumatera Barat.


Ketua Tim PKM Indra Saputra, S.Pd., M.Pd. menyebutkan, pengabdian dilakukan bersama tim dosen lainnya, yakni Dra. Hayatunnufus, M.Pd. dan Siska Miga Dewi, S.ST, M.Pd dibantu dua mahasiswa (Fuja Oktavia Eliza dan Dian Rahma Putri).

Ia menyebutkan, pelatihan ini dilakukan melihat belum maksimalnya implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran masih didominasi dengan model pembelajaran konvensional.

"Maka kami memberikan solusi dengan menawarkan pelatihan mengintegrasikan platform Youtube dalam pembelajaran. pelatihan ini mengupas bagaimana strategi mengintegrasikan platform Youtube dengan model pembelajaran yang sesuai yaitu PjBL," katanya, Rabu (18/10/2023).

Disebutkan Indra, kolaborasi antara platform Youtube dengan model PjBL dapat dijadikan sebagai desain pembelajaran yang mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran oleh guru SMPN 9 Payakumbuh.

"Model pembelajaran yang telah diintegrasikan dengan Youtube merupakan pilihan yang tepat bagi guru dalam memfasilitasi kebutuhan pembelajaran siswa era digital saat ini. Model pembelajaran yang fokus pada pembelajaran berbasis proyek ini akan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran," tegasnya.

Kemudian, sajian pembelajaran inovatif yang didukung dengan platform Youtube akan memberikan ruang ekspresi dan memperluas wawasan siswa yang terlibat dalam pembelajaran tersebut.

"Melalui solusi ini, guru bisa beradaptasi dengan model-model pembelajaran yang berkembang dan tidak hanya terfokus pada model pembelajaran konvensional," tambahnya.

Solusi yang ditawarkan tersebut kemudian dituangkan dalam beberapa tahapan kegiatan antara lain pertama, penyampaian materi pelatihan terkait model pembelajaran PjBL yang terintegrasi dengan Youtube. Kedua, demonstrasi implementasi model pembelajaran PjBL terintegrasi Youtube yang dilakukan oleh narasumber. Ketiga, praktik peserta dalam implementasi model pembelajaran. Keempat, evaluasi hasil praktik peserta kemudian dilanjutkan dengan tahapan kelima yaitu bimbingan.

Tahapan terakhir dari rangkaian kegiatan pengabdian ini adalah perencanaan tindak lanjut implementasi dalam kegiatan pembelajaran," sambungnya.

Indra menyebutkan, kegiatan pengabdian ini dilakukan sejak Juli hingga Desember 2023 dengan melibatkan kepala sekolah dan guru-guru yang berjumlah 19 orang.

Kepala SMPN 9 Payakumbuh, Desfiwati, S.Pd.,M.Si. dalam pelaksanaan kegiatan, Sabtu, 9 September 2023, menyampaikan apresiasi kepada tim PKM atas kerjasama dan kesediaan memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolah tersebut.

"Kami berharap agar program pelatihan sesuai tujuan dan dapat tercapai dengan baik, sehingga dapat mendukung program kelas digital," tambahnya.(*)