Tim PKM RSH UNP Gunakan Sifabella Boardgames Menelisik Stigma Intoleransi Moderasi Beragama Siswa SMA -->

Iklan Atas

Tim PKM RSH UNP Gunakan Sifabella Boardgames Menelisik Stigma Intoleransi Moderasi Beragama Siswa SMA

Senin, 02 Oktober 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Guna mengidentifikasi dan mengatasi stigma intoleransi yang terjadi di sekolah-sekolah setingkat SMA di Kota Padang, tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) RSH ( Riset Sosial Humaniora ) Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan penelitian. Senin, 2 Oktober 2023.

Berjudul "Menelisik Stigma Intoleransi melalui Media Sifabella Boardgames sebagai Upaya Merekronstruksi Hegemoni Moderasi Beragama Siswa SMA di Kota Padang”.  

Ketua tim peneliti, Ari Zayusman dari Departemen Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP mengaku sangat optimis dengan metode pembelajaran yang mereka kembangkan melalui Sifabella Boardgame sehingga nanti dapat memberikan solusi yang efektif dan inovatif dalam mengatasi stigma intoleransi di sekolah-sekolah  "Stigma intoleransi sering kali menjadi hambatan dalam membangun hubungan yang harmonis di antara siswa-siswi dari berbagai latar belakang agama. 

Penelitian ini berusaha memberikan solusi dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran moderasi beragama," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Senin (2/10/2023).  

Selain itu menurutnya, penelitian ini diharapkan dapat membantu mengubah pandangan negatif terhadap Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, yang sering diidentikkan dengan daerah yang intoleran.  

Diketahui penelitian ini dilakukan di empat sekolah di Kota Padang, yaitu SMA Don Bosco, SMAN 10 Padang, SMKN 2 Padang, dan MAN 2 Padang. Adapun metodelogi yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimental quasi yang dilaksanakan sejak 11 September hingga 30 September 2023.   

Tim peneliti melakukan serangkaian kegiatan yang melibatkan siswa-siswi dalam pembelajaran moderasi beragama menggunakan media Sifabella Boardgame. Metode ini dipilih karena permainan berkelompok dapat menjadi alat yang efektif untuk memfasilitasi diskusi dan pemahaman yang lebih baik.   

Hasil dari penelitian tersebut menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terkait dengan konsep pembelajaran yang diusung dalam Sifabella Boardgame. Selain itu, penelitian ini juga akan menghasilkan sebuah Artikel Ilmiah yang nantinya akan dipublikasikan dalam sebuah jurnal ilmiah. (*)