BKKBN Sumbar Gelar Forum Jurnalis dalam Percepatan Penurunan Stunting -->

Iklan Atas

BKKBN Sumbar Gelar Forum Jurnalis dalam Percepatan Penurunan Stunting

Jumat, 17 November 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com -Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat menggelar koordinasi bersama organisasi profesi jurnalis dalam percepatan penurunan stunting di Sumbar bersama media massa di Aula Kantor BKKBN Sumbar,  Jumat (17/11/2023).

Koordinasi forum jurnalis di Sumbar melibatkan 17 orang awak dari berbagai media cetak dan online di Kota Parang.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar diwakili Pranata Humas, Rusdi dalam pembukaannya mengatakan dengan sinergitas lintas lembaga ini diyakini mampu mendongkrak pengetahuan masyarakat tentang stunting, penyebab serta pemecahan persoalan tersebut.

Melalui pertemuan itu diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dalam mengedukasi masyarakat sesuai peran media massa. Peran media dalam penurunan stunting telah dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

"Peran media massa dalam percepatan penurunan stunting sebagai bagian untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi dalam pencegahan stunting," ujar Rusdi.

Melalui peran media massa dengan berbagai teknis penulisannya akan membantu pemerintah dalam pengentasan stunting di Sumbar

Sementara itu, Diskominfo Sumbar diwakili, Indra Sukma menyebutkan peran media massa dalam penanganan stunting tidak kalah strategis. "Media massa memiliki peran penting dalam pembangunan. Hal itu telah dibuktikan perannya dalam perjuangan bangsa hingga mengisi pembangunan nasional," ujarnya.

Ketua Satgas percepatan penurunan stunting Sumbar, Wirdan Sukma mengatakan, dalam penanganan stunting, media massa memiliki jangkauan edukasi yang luar biasa menembus sekat pembatas edukasi di tengah masyarakat hingga pelosok desa. Baik edukasi dalam perubahan perilaku sebagai langkah utama dalam pencegahan stunting.

"Pencegahan stunting diawali dengan berubahnya perilaku masyarakat, baik dalam peningkatan kesehatan lingkungan hingga pada polah asuh yang baik terhadap penyediaan asupan gizi yang lengkap terhadap janin hingga baduta," katanya.

Kegiatan tersebut dipandu wartawan senior yang juga Sekretaris PWI Sumbar, Firdaus Abi sebagai moderator. (*)