Irak: Kisah Memorable di Piala Dunia 1986 yang Menginspirasi Generasi Berikutnya -->

Iklan Atas

Irak: Kisah Memorable di Piala Dunia 1986 yang Menginspirasi Generasi Berikutnya

Jumat, 17 November 2023
Timnas Irak pernah tampil di Piala Dunia 1986


Jakarta - Keberhasilan Timnas Irak dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 mengundang nostalgia tentang momen emas mereka di panggung sepakbola dunia. Beberapa mungkin bertanya, apakah Irak pernah tampil di Piala Dunia sebelumnya? Jawabannya adalah ya, dan kisah mereka di Piala Dunia 1986 di Toluca, Meksiko, tetap menjadi sejarah yang membanggakan.


Dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Irak menunjukkan dominasinya dengan mengalahkan Timnas Indonesia 5-1 di Basra International Stadium pada Kamis (16/11/2023). Prestasi tersebut menyoroti bahwa kekuatan sepakbola Irak tidak hanya terbatas pada kualifikasi, tetapi juga telah mencapai panggung dunia.


Mengutip informasi dari FIFA pada Jumat (17/11/2023), Irak pertama kali berpartisipasi dalam Piala Dunia pada tahun 1986. Saat itu, mereka tergabung dalam Grup B bersama tuan rumah Meksiko, Belgia, dan Paraguay.


Meskipun mereka tidak berhasil melangkah ke babak selanjutnya, partisipasi Irak di Piala Dunia 1986 tetap menjadi pencapaian bersejarah. Pertandingan pertama mereka melawan Paraguay pada 2 Juni 1986, meskipun kalah dengan skor 1-0, Irak memberikan perlawanan tangguh.


Pertandingan krusial melawan Belgia menjadi ujian sejati. Meskipun harus bermain dengan 10 pemain sebagian besar pertandingan, Irak menampilkan semangat juang yang luar biasa. Meskipun kalah dengan skor 2-1, Irak membanggakan diri karena berhasil mencetak gol pertama mereka di Piala Dunia.


Pertandingan terakhir melawan tuan rumah Meksiko menunjukkan semangat dan keberanian Timnas Irak. Meskipun kalah dengan skor 1-0, penampilan mereka dianggap mengesankan mengingat tekanan dan dukungan kuat dari penonton Meksiko.


Meski harus pulang lebih awal dari Piala Dunia 1986, keberhasilan Irak mencapai turnamen tersebut tetap menjadi tonggak sejarah yang membanggakan. Meskipun hingga saat ini Irak belum kembali ke Piala Dunia, prestasi tersebut tetap menjadi inspirasi bagi generasi sepakbola berikutnya di negeri Singa Mesopotamia. Irak terus berkomitmen untuk mengembangkan sepakbola dan berharap dapat kembali meraih prestasi gemilang di panggung dunia.(BY)