Irma Takarina Komit Wujudkan Sekolah Informatif di SMAN 3 Payakumbuh -->

Iklan Atas

Irma Takarina Komit Wujudkan Sekolah Informatif di SMAN 3 Payakumbuh

Selasa, 21 November 2023
Kepala SMAN 3 Payakumbuh terima kunjungan monev KIP dari Komisi Informasi Sumbar 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Mewakili Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Nofal Wiska, Komisioner Bidang Kelembagaan, Tanti Endang Lestari, M. Si dan tim mengungkapkan rasa bangganya saat melakukan monitoring verifikasi terkait implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di SMAN 3 Payakumbuh.


"Kita merasa tersanjung melakukan Monitoring Evaluasi PPID di SMAN 3 Payakumbuh. Diterima Kepala SMAN 3  Payakumbuh, ibu Irma Takarina dan jajaran serta disambut tari pasambahan, dan duta informasi, dan pengurus PPID,"ungkap Tanti didampingi tim monev, Selasa (21/11/2023) siang.


Diterangkan Tanti, ini merupakan kunjungan kedua KI ke SMAN 3 Payakumbuh. Kita berharap SMAN 3 Payakumbuh tahun ini lolos sebagai sekolah informatif. Intinya, semua anggota keluarga besar SMAN 3 Payakumbuh komit menjalankan Keterbukaan Informasi Publik,"terang Tanti.


"Doakan saja, semoga tahun ini lolos SMAN 3 Payakumbuh lolos. Intinya, tetap komit dan konsisten menjalankan UU KIP. Ruangan PPID-nya juga sudah representatif, termasuk SDM pengelola juga sudah menguasai IT,"pungkasnya.


Terpisah, Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska menerangkan bahwa program monev KIP di lembaga / badan publik sudah diterapkan sejak tahun 2015 di Sumatera Barat.


"Tiap tahunny kita melakukan monev implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008. Monev merupakan kegiatan Komisi Informasi Sumbar kepada badan publik di Sumatera Barat. Untuk Kota Payakumbuh ada 10 Badan Publik yang dilakukan kunjungan, salah satunya SMAN 3  Payakumbuh. Dalam visitasi dilakukan verifikasi faktual, dan akan ada penyampaian hasil evaluasi dari tim ke Kepsek SMAN 3 Payakumbuh. Kita siapkan penghargaan untuk 3 Badan Publik terbaik dan Badan Publik Informatif. Sebelumnya, SMAN 2 Payakumbuh sudah meraih penghargaan dari kita,"terang Nofal Wiska.


SMAN 3 Payakumbuh menuju Sekolah Informatif

Kepala SMAN 3 Payakumbuh, Hj. Irma Takarina saat diwawancarai usai menerima kunjungan visitasi dari tim KI.


"Tahun lalu kita belum lolos sebagai sekolah informatif di Sumbar. Kondisi ini menjadi cambuk motivasi untuk semakin baik, dan baik. Di tahun 2023, kita lakukan ke arah perbaikan, kita lakukan analisis, dan ditindaklanjuti bersama sebagai sebuah kebijakan. Kita sudah bentuk pengurus ppid, melibatkan guru pegawai dan siswa. Komit memberikan pelayanan informasi publik sesuai peraturan berlaku. Ruangan ppid dan banner serta pembagina tugas sudah kita siapkan. Di SMAN 3 Payakumbuh terdapat website resmi dan website ppidsman3payakumbuh, khusus informasi publik. Kita libatkan siswa, sehingga walimurid pun bisa mengakses informasi. Buku tamu digital melalui barcode," beber Takarina selaku juga Atasan PPID.


Sejak diamanahkan sebagai Kepala di SMAN 3 Payakumbuh, Irma Takarina bersama jajaran giat melakukan perubahan melalui inovasi-inovasi. Terbukti, adanya hadiah reward umrah bagi 2 orang siswa tahfidz.


Tahun 2022, sebanyak 83 orang siswa kita lolos sebagai mahasiswa undangan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia (79,8 persen). Meningkatkan dari tahun-tahun sebelumnya. Mohon doa, semoga SMAN 3 Payakumbuh lolos sebagai sekolah informatif tahun ini,"harapnya Irma Takarina.(ul)