Siapkan Program Mahasiswa Wirausaha, FBS UNP Workshop Susun Rencana Bisnis -->

Iklan Atas

Siapkan Program Mahasiswa Wirausaha, FBS UNP Workshop Susun Rencana Bisnis

Jumat, 10 November 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP) menyelenggarakan workshop penyusunan bisnis plan bagi mahasiswa untuk menghadapi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Jumat (10/11) bertempat di Auditorium Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.


Sosialisasi dan pelatihan pembuatan bisnis plan menghadirkan Okki Trinanda Miaz, S.E., M.M. dosen FEB UNP yang aktif dalam Kewirausahaan. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Bahasa dan Seni menghadirkan 30 peserta yang memiliki minat bidang kewirausahaan.

Dr. Havid Ardi, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FBS UNP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi awal dan pelatihan untuk menghadapi PMW 2024 mendatang.

Kita akan bangun semangat, pengetahuan, dan kompetensi mahasiswa dalam menyusun proposal wirausaha" ujar Havid Ardi dalam sambutannya. Agar lebih banyak proposal PMW mahasiswa dari FBS UNP. Ia juga berpesan agar peserta pelatihan menggali ilmu sebanyak mungkin dari narasumber.

Program PMW merupakan upaya pemerintah dalam mendorong munculnya para wirausahawan muda. "Sebagai mahasiswa di era saat ini, tidak hanya dituntut untuk belajar dan memperhatikan pembelajaran di ruang kuliah, namun juga untuk menjadi mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif," tambah Wakil Dekan I FBS UNP. Kegiatan ini nantinya dapat menjadi program MBKM dalam kegiatan wirausaha.

Sementara, Okki menjelaskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sebagai bagian dari strategi pendidikan di Perguruan Tinggi, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sedang dipelajari.

Okki juga menjelaskan kiat menyusun rencana bisnis. Manfaat ikut program PMW nanti akan memperoleh fasilitas yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan usaha.

"Program ini diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan UKM," jelas Okki.(*)