UNP Siapkan Lulusan Unggul Masuk Dunia Kerja -->

Iklan Atas

UNP Siapkan Lulusan Unggul Masuk Dunia Kerja

Senin, 13 November 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Universitas Negeri Padang (UNP) terus menyiapkan lulusan yang handal dan unggul untuk masuk ke dunia kerja. Jelang wisuda Desember mendatang, Fakultas Bahasa dan Seni UNP melaksanakan pembekalan kepada wisudawan FBS, Sabtu (11/11).

Acara ini dibuka Wakil Dekan I FBS UNP, Dr. Havid Ardi, M.Hum. dengan tema “Menjadi Pribadi yang Unggul dalam Memasuki Dunia Kerja.”

Havid mengatakan, memasuki dunia kerja membutuhkan kesiapan yang berbeda dari saat kuliah. Dari Kampus, calon wisudawan telah dibekali pengetahuan, keterampilan, termasuk pendidikan karakter dan sikap. Namun ada hal-hal yang perlu diketahui, apa yang dibutuhkan dunia kerja. Bagaimana menyusun lamaran, kiat membuat CV, dan menghadapi wawancara.

“Oleh karena itu kita menghadirkan Surni Yanti, S.Pd., General Manager, dan Desy Azulmi, S.Pd., M.Par, HRD Manager The ZHM Premiere Hotel Padang” katanya.

Havid juga menyampaikan bahwa selain dua narasumber tersebut, FBS juga menghadirkan Zuraida Salam, S.Pd. yang menjadi guru di New York City Amerika. “Jadi bagaimana kiat untuk masuk ke dunia kerja di Amerika bisa digali pengalaman Zuraida,” ujar Havid.

Surni Yanti, S.Pd. menyampaikan bahwa sering setelah lulus kuliah para wisudawan akan menghadapi kegamangan. “Mau kemana?” GM ZHM Premiere Hotel Padang ini memaparkan bagaimana kiat setelah tamat kuliah.

Terdapat tiga pilihan, berwirausaha, menjadi akademisi, atau bekerja di perusahaan atau pemerintah. Kesuksesan ditentukan oleh keyakinan kita bahwa kita mampu. Keterampilan, pengetahuan, dan sikap merupakan modal,” jelas Surni Yanti.

Menurutnya, porsi terbesar adalah sikap atau attitude yang menentukan kita akan lolos. Alumni FBS UNP ini menceritakan pengalamannya saat mulai bekerja di Amerika dan di Indonesia.

Selain itu, Desy Azulmi, S.Pd., M.Par. HRD Manager The ZHM Premiere menyampaikan teknis saat melamar pekerjaan.

Zuraida Salam, S.Pd. menjelaskan proses untuk bekerja di luar negeri mulai dari proses awal hingga setelah di luar negeri. Ia menceritakan saat berangkat ke Amerika setelah tamat IKIP Padang (UNP sekarang).

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., pada kesempatan terpisah menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada ketiga narasumber yang merupakan alumni FBS UNP.

“Kedepan kita akan menjalin jaringan alumni dalam mengembangkan peluang lulusan FBS UNP cepat memperoleh pekerjaan.” terangnya.

Dekan FBS Universitas Negeri Padang juga menyampaikan akan menjalin komunikasi dengan alumni di provinsi lain, alumni di Australia, Amerika, Kyrgyzstan, Thailand, dll.

Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. berharap semoga lulusan periode Desember 2024 sukses ke depan dan tetap jalin komunikasi dengan kampus.(*)