Dinkes Sumbar Awasi Evakuasi 102 Pasien SPH Pasca-Insiden Ledakan -->

Iklan Atas

Dinkes Sumbar Awasi Evakuasi 102 Pasien SPH Pasca-Insiden Ledakan

Selasa, 30 Januari 2024
Petugas Dinas Damkar Kota Padang ikut mengevakuasi pasien SPH ke rumah sakit lain pasca ledakan yang terjadi pada Selasa (30/1/2024) sore.


Padang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat (Sumbar) mengawal proses pemindahan 102 pasien Semen Padang Hospital (SPH) setelah insiden ledakan pada Selasa (30/1/2024) pukul 15.30 WIB. Kepala Dinkes Sumbar, dr. Lila Yanuar, dan tim turun langsung ke lokasi kejadian untuk memantau pemindahan pasien ke sejumlah rumah sakit lain.


“Kami mendata dan mengoordinasikan pemindahan pasien SPH ke berbagai rumah sakit,” ujarnya.


Sebanyak 102 pasien SPH dievakuasi ke RSUP M Djamil Padang, Yos Sudarso, Siti Rahmah, RS Bhyangkara, RS dr Reksodiwiryo, dan RSUD dr Rasidin Padang untuk mendapatkan penanganan medis sesuai kondisinya. Dinkes Sumbar berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan untuk mengantisipasi masalah administrasi dan pembayaran.


Dinkes Sumbar juga meminta koordinasi antara SPH dan rumah sakit tempat pasien dirujuk. Ledakan di SPH pada Selasa sore menyebabkan kerusakan dan menonaktifkan pelayanan rumah sakit. Puluhan pasien dievakuasi ke pelataran menggunakan tempat tidur atau kursi roda, termasuk orang tua, wanita, pria, dan anak-anak. Proses pemindahan pasien masih berlangsung hingga pukul 18.30 WIB dengan antrian mobil ambulans yang panjang.(des)