Erick Thohir Soroti Peningkatan Mental Pemain Timnas Indonesia Setelah Sukses Tembus Babak 16 Besar Piala Asia 2023 -->

Iklan Atas

Erick Thohir Soroti Peningkatan Mental Pemain Timnas Indonesia Setelah Sukses Tembus Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Sabtu, 27 Januari 2024
Erick Thohir bersama para pemain Timnas Indonesia.


Jakarta – Setelah berhasil mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menyoroti peningkatan mentalitas pemain Timnas Indonesia. Menurutnya, mentalitas para pemain kini semakin baik.


Erick Thohir menilai bahwa ketangguhan mental pemain Timnas Indonesia terlihat jelas saat melawan Timnas Jepang pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023. Meskipun pertandingan berakhir dengan skor 1-3, Menteri BUMN itu mengapresiasi kepercayaan diri skuad Garuda yang mampu memberikan perlawanan.


Meski kebobolan gol cepat pada menit ke-6 lewat penalti Ayase Ueda, skuad Garuda tetap tampil ngotot dan tidak terpengaruh secara mental.


Peningkatan mentalitas para pemain Timnas Indonesia dianggap Erick Thohir sebagai pencapaian positif. Dia berharap hal ini terus ditingkatkan ke depannya agar Timnas Indonesia semakin tangguh.


"Mental tim nasional kita, walaupun kemarin kena penalti di awal, tetap tampil percaya diri," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat 26 Januari 2024.


Menurutnya, hal ini menjadi pembeda antara mental tim nasional saat ini dengan masa lalu, yang menurutnya harus menjadi fokus utama untuk diperbaiki.


Erick Thohir menyebut bahwa peningkatan mentalitas Jordi Amat dan rekan-rekannya berkat bermain melawan tim-tim berkualitas seperti Argentina pada FIFA matchday sebelumnya. Dia meyakini bahwa ini adalah hal yang dibutuhkan timnya selain mencari lawan kuat untuk meningkatkan peringkat FIFA.


"Mental tim nasional hari ini memang sudah lebih baik. Kita bertanding melawan Argentina, itu untuk meningkatkan mental. Jangan melihat aspek fisik atau peringkat saja, tapi kita harus siap melawan siapa pun," ujar Erick Thohir.


Saat ini, Timnas Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi laga 16 besar Piala Asia 2023 melawan Australia, yang akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024, pukul 18.30 WIB.(des)