Kapten Timnas Indonesia Ungkap Kebahagiaan Setelah Lolos ke Fase Gugur Piala Asia 2023 -->

Iklan Atas

Kapten Timnas Indonesia Ungkap Kebahagiaan Setelah Lolos ke Fase Gugur Piala Asia 2023

Jumat, 26 Januari 2024

Timnas Indonesia berhasil melaju ke 16 besar Piala Asia 2023


Jakarta - Asnawi Mangkualam, kapten Timnas Indonesia, mengungkapkan rasa syukurnya setelah timnya berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bek berusia 24 tahun tersebut mengatakan bahwa mereka merasa Tuhan telah mengabulkan semua doa dan usaha dari para pemain, pelatih, dan ofisial Tim Garuda.


Asnawi Mangkualam menyampaikan hal tersebut tidak lama setelah Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui peringkat tiga terbaik. Kepastian ini datang setelah pertandingan antara Oman dan Kirgistan (Grup F) yang berakhir imbang 1-1 pada Kamis (25/1/2024) malam.


Dengan hasil tersebut, skuad Garuda menempati peringkat keempat (batas terakhir untuk lolos ke babak 16 besar) dalam klasemen akhir peringkat tiga terbaik setelah Yordania, Palestina, dan Suriah. Timnas Indonesia sendiri menyelesaikan persaingan di Grup D dengan berada di posisi ketiga, mengumpulkan 3 poin dari 1 kemenangan dan 2 kekalahan.


Timnas Indonesia memenangkan pertandingan 1-0 melawan Vietnam dan kalah dari Irak serta Jepang dengan skor yang sama, yaitu 1-3. Dengan demikian, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai tim terakhir dan ini akan menjadi penampilan pertama mereka di babak gugur Piala Asia.


Menurut PSSI, seluruh pemain, pelatih, dan staf ofisial Timnas Indonesia menyaksikan pertandingan antara Oman dan Kirgistan. Mereka menonton bersama di hotel tempat mereka menginap di Doha, Qatar.


Setelah hasil pertandingan antara Oman dan Kirgistan berakhir imbang 1-1, para pemain, pelatih, dan staf ofisial Timnas Indonesia terlihat sangat gembira dan melakukan perayaan di salah satu ruangan hotel tersebut. Sementara itu, Asnawi Mangkualam menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini.


"Dengan rahmat Allah, kita berhasil melangkah. Tuhan telah mengabulkan doa dan usaha kita," ujar Asnawi Mangkualam seperti yang dikutip dari laman resmi PSSI pada Jumat (26/1/2024).


Meskipun begitu, Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi juara Piala Asia 2015, yaitu Australia (juara Grup B), di babak 16 besar Piala Asia 2023. Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Australia akan berlangsung pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.(BY)