Menyambut Kedatangan Toyota Hilux Rangga, Persaingan Baru di Pasar Pikap Komersial -->

Iklan Atas

Menyambut Kedatangan Toyota Hilux Rangga, Persaingan Baru di Pasar Pikap Komersial

Minggu, 28 Januari 2024

Ada Toyota Rangga, Isuzu anggap bukan pesaing Traga,.


Jakarta - Industri otomotif Indonesia di sektor kendaraan komersial akan menyambut kehadiran pesaing baru, yaitu Toyota Hilux Rangga. Mobil pikap ini diharapkan dapat bersaing dengan Isuzu Traga dan Mitsubishi L300 yang telah hadir lebih dulu.


Menyikapi hal ini, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyambut baik kedatangan pesaing baru di segmen kendaraan niaga ini. Hal ini menunjukkan bahwa pasar kendaraan komersial cukup luas di Indonesia.


Kepala Divisi Strategi Bisnis PT Isuzu Motor Indonesia, Attias Asril, mengatakan bahwa kehadiran Hilux Rangga tidak langsung mengancam posisi Traga. Traga telah memiliki pangsa pasarnya sendiri di Indonesia.


Attias menyatakan bahwa kapasitas angkut Isuzu Traga lebih besar dibandingkan dengan Hilux Rangga. Menurutnya, Rangga akan bersaing di segmen pikap dengan kapasitas angkut yang lebih ringan.


"Sepertinya Rangga masih akan masuk ke segmen pikap medium. Meskipun demikian, secara langsung bersaing dengan Traga belum terjadi," ujar Attias di Jakarta Pusat pada hari Kamis (25/1/2024).


"Kapasitas angkut Traga masih lebih besar. Kemungkinan besar Rangga akan bersaing di segmen lainnya," lanjutnya.


Toyota Hilux Rangga telah diperkenalkan dalam beberapa pameran nasional dan akan segera diluncurkan secara resmi. Toyota Astra Motor menyatakan bahwa pada awal tahun ini, pikap ini sedang menjalani proses homologasi yang diperlukan sebelum dapat dipasarkan di Indonesia.


"Jadi, Traga memiliki kapasitas yang lebih besar. Berdasarkan informasi yang saya ketahui, Rangga memiliki kapasitas yang lebih kecil dari Traga. Jadi, ada segmen pasar yang dapat diisi oleh keduanya," kata Puti Annisa Moeloek, Marketing Communications Manager PT IAMI.


Saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai jadwal peluncuran Rangga di Indonesia. Namun, diprediksi bahwa peluncurannya akan dilakukan dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang akan diselenggarakan pada 15 Februari.


Rangga akan memasuki segmen komersial baru untuk Toyota. Pikap ini akan ditempatkan di bawah Hilux yang saat ini tersedia dalam varian pikap dan double cabin.


Berdasarkan data spesifikasi dari Toyota Motor Thailand, dimensi Hilux Champ memiliki panjang 5,3 meter, lebar 1,785 meter, dan tinggi 1,735 meter. Wheelbase untuk varian pendek adalah 2,75 meter, sedangkan untuk varian panjang adalah 3,085 meter, dengan ground clearance 164 hingga 180 mm.


Terdapat tiga jenis mesin yang tersedia, yaitu bensin 2.000 cc dan 2.700 cc, serta diesel 2.400 cc. Semua varian menggunakan penggerak roda belakang (RWD) dan tidak ada versi dengan penggerak semua roda (AWD) atau double cabin.


Pikap Rangga akan bersaing dengan pikap medium lainnya yang telah ada di Indonesia, salah satunya adalah Isuzu Traga dengan mesin diesel 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc.(BY)