Menyongsong Komunitas Baru: Inspirasi dari International Public Lecture Series Eurasia Foundation di UNP -->

Iklan Atas

Menyongsong Komunitas Baru: Inspirasi dari International Public Lecture Series Eurasia Foundation di UNP

Sabtu, 20 Januari 2024

 

.

Padang, fajarsumbar.com fajarsumbar.com - Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan perkuliahan seri 11 International Public Lecture Series Eurasia Foundation bersama narasumber Prof. Joon Kun Chung (Meiji University) dan Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt, Kamis (18/1) secara hybrid.  Pada pertemuan ini Prof. Joon Kun Chung menyampaikan materi kuliah dengan tema “Towards a New Community : It’s Necessity & Meaning” dan Dr. Refnaldi, M.litt memaparkan materi dengan tema “Language and Culture in Asia”. 

Pertemuan terakhir dari rangkaian International Public Lecture Series Eurasia Foundation diikuti oleh para mahasiswa UNP. Kegiatan ini juga dihadiri oleh PIC Eurasia UNP, Dr. Nofrion, M.Pd dan tim dari Eurasia Foundation UNP dan perwakilan Eurasia Foundation untuk Indonesia, Dianni Risda, M.Ed yang pada kesempatan ini mejadi interpreter Prof. Joon Kun Chung. Profesor Joon-Kon Chung, Peneliti Senior di Eurasia Foundation Jepang, memiliki latar belakang akademis yang kuat, dengan gelar Ph.D dalam Ilmu Politik. Selain menjadi Adjunct Professor di Universitas Meiji, ia juga terafiliasi dengan International Asian Community Studies Society dan telah memberikan kuliah serupa di berbagai negara.

Dalam paparannya, Prof. Joon Kun Chung memaparkan bahwa manusia tidak bisa terlepas dari komunitas. Tema saat ini merupakan tema yang sangat penting bagi para mahasiswa. Permasalahan individu sangat tinggi ketertarikan kepada komunitas sangat rendah, saat ini kita harus menjaga keseimbangan individu dengan komunitas. Hubungan kehidupan sehari-hari dengan keterkaitan dengan komunitas. Kondisi komunitas saat ini penuh dengan pertikaian dan permasalahan.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt menyampaikan apresiasinya kepada para peserta karena telah mengikuti kegiatan ini dengan seksama, “keberlanjutan kerjasama antara UNP dan Eurasia Foundation akan membawa manfaat lebih lanjut bagi perkembangan akademis dan pemahaman mahasiswa terhadap isu-isu global yang semakin kompleks. Kesempatan ini menjadi langkah positif dalam membentuk generasi mahasiswa yang memiliki pemahaman yang mendalam dan kritis terhadap tantangan yang dihadapi oleh masyarakat global, khususnya di wilayah Asia.” Tandasnya.

PIC Eurasia UNP, Dr. Nofrion, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pertemuan terakhir international public lecture ini. Dr. Nofrion, M.Pd mengatakan apresiasi kepada para narasumber dan Dianni Risda, M.Ed  kepada atas kesempatan menjadi memberikan kesempatan Eurasia Foundation dan berharap kerjasama ini dapat berlanjut kedepannya.(*)