Presiden Jokowi Belum Tentukan Rencana Kampanye untuk Pilpres 2024 -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Belum Tentukan Rencana Kampanye untuk Pilpres 2024

Senin, 29 Januari 2024
Presiden Jokowi


Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan bahwa saat ini belum ada jadwal atau rencana kampanye bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meskipun UU Pemilu mengizinkan presiden untuk berkampanye dalam Pilpres 2024, Ari menegaskan bahwa Presiden Jokowi belum merencanakan aktivitas kampanye dalam waktu dekat.


"Dengan izin UU Pemilu, namun sampai sekarang, Presiden Jokowi belum merencanakan untuk berkampanye," ujar Ari dalam pernyataannya pada Senin (29/1/2024).


Ari menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke Yogyakarta dan Jawa Tengah bukanlah bagian dari rangkaian kampanye. Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja, termasuk acara peresmian Kampus UNU Yogyakarta dan kegiatan di Akmil Magelang. "Saat ini, Presiden berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk beberapa agenda kunjungan kerja," tambahnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali menekankan bahwa presiden dan wakil presiden memiliki hak untuk melakukan kampanye sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. "Pasal 299 dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dengan jelas menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden memiliki hak untuk melaksanakan kampanye," kata Jokowi dalam siaran di YouTube, Jumat (26/1/2024). Jokowi juga menyebutkan bahwa Pasal 281 UU tersebut mengatur beberapa ketentuan yang harus dipenuhi presiden dan wakil presiden selama kampanye, seperti tidak menggunakan fasilitas jabatan kecuali fasilitas pengamanan dan cuti di luar tanggungan negara.(des)