Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melangkah ke Babak Gugur Piala Asia 2023 -->

Iklan Atas

Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melangkah ke Babak Gugur Piala Asia 2023

Jumat, 26 Januari 2024
Timnas Indonesia hadapi Australia di 16 besar Piala Asia 2023. 


DOHA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia sedang merayakan pencapaian sejarah mereka dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam ajang Piala Asia. Meskipun begitu, asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Ariato, menegaskan bahwa kegembiraan itu tidak akan berlangsung lama karena Timnas Indonesia akan segera memusatkan perhatian mereka untuk menghadapi Australia.


Seperti yang diketahui, tim Garuda -julukan untuk Timnas Indonesia- berhasil melaju ke 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat tiga terbaik. Kepastian ini datang setelah Oman hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Kirgistan dalam pertandingan terakhir Grup F yang digelar semalam, Kamis 25 Januari 2024.


Hasil tersebut menguntungkan Timnas Indonesia yang berhasil meraih satu tiket tersisa melalui jalur peringkat tiga terbaik. Dalam klasemen akhir peringkat tiga terbaik, Tim Garuda menempati posisi keempat dengan raihan tiga angka dan selisih gol -3.


Dengan demikian, Timnas Indonesia menjadi tim terakhir yang berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. Ini adalah penampilan pertama mereka dalam babak gugur, bersama dengan Palestina, Suriah, dan Tajikistan yang juga tampil untuk pertama kalinya.


Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi juara Piala Asia 2015, yaitu Australia, yang keluar sebagai juara Grup B dalam 16 besar Piala Asia 2023 pada Minggu (28/1/2024). Nova Arianto menegaskan bahwa Tim Garuda akan langsung fokus untuk menghadapi pertandingan melawan negara Kangguru tersebut.


"Kami tidak akan berhenti di sini dan akan fokus untuk pertandingan selanjutnya menghadapi Australia. Terima kasih Tuhan atas rencana yang indah ini untuk sepakbola Indonesia," kata Nova Arianto dalam unggahan di Instagram pribadinya @novarianto30, dikutip pada Jumat (26/1/2024).


Di sisi lain, asisten pelatih Shin Tae-yong itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain dan staf Timnas Indonesia yang telah bekerja keras. Dia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pendukung tim Garuda.


"Selamat kepada para pemain, pelatih, dan semua staf. Terima kasih juga atas doa dan dukungan dari para penggemar sepakbola karena ini merupakan sejarah bagi sepakbola Indonesia," tutup Nova Arianto.(BY)