Sekjen Dewan Gereja Dunia The World Council of Churches (WCC) Berkunjung ke Bumi Sikerei Mentawai -->

Iklan Atas

Sekjen Dewan Gereja Dunia The World Council of Churches (WCC) Berkunjung ke Bumi Sikerei Mentawai

Senin, 29 Januari 2024

.

Mentawai, fajarsumbar.com - Dewan Gereja Dunia atau The World Council of Churches (WCC) Rev Jerry Pillay, Sekretaris Jenderal (Sekjen) berkunjung   ke Indonesia   akan melakukan pertemuan dengan gereja-gereja di Indonesia, yang juga menjadi anggota WCC dan melakukan perjumpaan dengan organisasi lintas iman di Indonesia.


kunjungan  Rev Jerry Pillay ke Indonesia pada ini, 26 hingga 29 Januari 2024. dituapejat, Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka menghadiri Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2024


Kedatangan Rev Jerry pada Minggu (28/1/2024).di Tuapeijat,   disambut Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom, dan Sekretaris Umum (Sekum) PGI Pdt. Jacky Manuputty 


dalam uangkapnya beliau memberikan kesan tersendiri baginya.Sesaat setelah kedatangannya di Mentawai, Sekum WCC merayakan kebersamaan bersama jemaat Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Mandiri Pniel Tuapeijat dalam ibadah minggu. Ibadah yang dibawakan dalam bahasa Mentawai, 


“Sebuah sukacita dapat beribadah bersama bapak ibu di sini. Saya sangat terhubung ketika beriibadah di sini. Meski saya baru pertama kali ke sini, saya merasa tidak terasing. Saya sangat terhubung tidak peduli dari mana datangnya, bagaimana  budaya dan bahasanya. Karena dalam Tuhan Yesus, bahasa kasih yang menyatukan kita semua,” ujar Rev Jerry.


alam sambutannya , Rev. Jerry Pillay menyampaikan salam dari seluruh anggota WCC. , ia juga menjelaskan sekilas tentang WCC kepada para jemaat setempat. “WCC terbentuk pada tahun 1948, bertujuan untuk membawa persekutuan gereja-gereja menuju kesatuan dalam Kristus, suara bersama untuk keadilan dan perdamaian, dan pelayanan kepada sesama sebagai ekspresi dan pemenuhan kasih Kristus,” tuturnya.


Ia menambahkan, pihaknya bekerja dalam berbagai isu terkait sosial kemasyarakatan. “Ada beberapa negara yang sulit dalam kehidupan sosial masyarakat, seperti perang dan konflik. WCC menyuarakan keadilan dan perdamaian. WCC Bersama agama-agama lain berusaha mewujudkan dunia menjadi lebih baik,” ujarnya.


Dalam doa  Rev Jerry Pillay juga mendoakan jemaat, untuk tetap kuat dalam iman dan dalam penyertaan kasih Tuhan.


Ibadah bersama dengan Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI dan juga Sekum WCC tersebut mendapat sambutan hangat dari jemaat setempat. 


Salah satu jemaat Marlin Simbolon menyatakan, “Sangat bersukacita, sangat luar biasa,  dapat dikunjungi dan betemu dengan ketua  PGI dan juga Sekum WCC  di Gereja Pniel Mentawai ini,” ujarnya dengan nada semangat (anto)