Selebrasi Kontroversial di Piala Asia 2023, Kartu Merah untuk Striker Irak, Yordania Melaju Dramatis -->

Iklan Atas

Selebrasi Kontroversial di Piala Asia 2023, Kartu Merah untuk Striker Irak, Yordania Melaju Dramatis

Senin, 29 Januari 2024

Striker Irak Aymen Hussein kartu merah gegara selebrasi makan saat melawan Yordania 


Doha- Dalam pertandingan melawan Yordania di babak 16 Besar Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium pada Senin (29/1/2024) malam WIB, striker Irak Aymen Hussein mendapatkan kartu merah akibat selebrasi kontroversialnya. Yordania berhasil memenangkan pertandingan secara dramatis dengan skor 3-2, setelah Yazan Al Naimat mencetak gol di menit 45+1.


Yazan merayakan golnya dengan duduk sila sambil memperlihatkan gestur makan bersama rekan-rekannya. Meskipun Irak bangkit di babak kedua dan berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Saad Natiq (menit 68) dan Aymen Hussein sendiri (menit 76), momen kontroversial terjadi saat Hussein melakukan selebrasi emosional dengan berlari keluar lapangan dan memamerkan gestur makan.


Wasit memberikan kartu kuning kedua kepada Aymen Hussein, yang membuatnya terpaksa meninggalkan lapangan lebih awal. Keputusan ini memicu tanda tanya di kalangan pencinta sepak bola, terutama karena sebelumnya pemain Yordania juga melakukan selebrasi serupa. Beberapa spekulasi muncul, termasuk kemungkinan Aymen Hussein dianggap memprovokasi tribune lawan atau diusir karena dianggap membuang-buang waktu dengan selebrasi yang terlalu lama.


Hingga saat ini, penyebab pasti pemberian kartu kuning kedua kepada Aymen Hussein belum diketahui. Namun, keputusan itu berdampak pada keadaan Irak yang harus melanjutkan pertandingan dengan jumlah pemain yang berkurang.


Dampak dari keputusan kontroversial tersebut terlihat saat Yordania mencetak dua gol di masa injury time melalui Yazan Al Arab (menit 90+5) dan Nizar Al Rashdan (menit 90+7). Kemenangan ini membawa Yordania melangkah ke perempat final, di mana mereka akan bertemu dengan Tajikistan pada tanggal 2 Februari.(des)