Setiap Nagari Harus Menganggarkan Beasiswa untuk Dua Orang Per Nagari -->

Iklan Atas

Setiap Nagari Harus Menganggarkan Beasiswa untuk Dua Orang Per Nagari

Wandi
Senin, 29 Januari 2024


Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Solok Selatan, saat menghadiri acara pelatihan dikampus PNP Solok Selatan. (Abg)


Solsel, fajarsumbar.com - Pelatihan Perangkat Nahari se Kabupaten Solok Selatan Administrasi Perkantoran Dan Pembukuan Berbasis Teknologi Informasi (PSDKU) Solok Selatan Politeknik Negeri Padang. Senin 29/0



Wakil Direktur PSDKU Politeinik Negeri Padang Revalin Herdianto dalam laporanya menyampaikan. Semua  dosen dan teknik pengajar di lingkungan utama kami tentu mengucapkan terima kasih Bapak Bupati Bapak ketua DPRD ini yang selalu rutin datang ke kampus ini.

Bagi kami satu kehormatan yang luar biasa terima kasih kami sangat Tersanjung dan ini menggunakan satu berkah baik kita semuanya untuk bersama-sama kita supaya kita memajukan kampus PSDKU kampus Solok Selatan ini. 

Tentu Kampus Politeknik yang ada di Padang PSDKUnya di Solok Selatan tetapi yang punya adalah Bapak dan Ibu masyarakat Solok Selatan, semuanya yang punya adalah masyarakat kampus itu adalah atas perjuangan Bapak dan Ibu di Lubuk Malako ini, dan sangat banyak pengorbanan dari masyarakat sini. 

Bagaimana dulu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan mutu dan meningkatkan  indeks pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) itu adalah dalam salah satu acara dalam bentuk kampus. 

Tentu keberadaan kampus ini dengan dukungan dari masyarakat pemerintah daerah, dan dari kami sebagai pembina tentu memiliki beberapa harapan dan tujuan, pertama yang kita sebutkan tadi adalah mereka akan mengangkat partisipasi kasar dan indeks pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Semakin banyak masyarakat kita yang bisa menikmati pendidikan tinggi maka, semakin baik mutu dan indeks pembangunan sumber daya manusia kita. 

Nah dengan kehadiran kampus ini mudah-mudahan persoalan letak kampus yang jauh tidak menjadi persoalan ekonomi itu bisa teratasi, karena artinya kalau masyarakat sekitar sini kuliah di sini mereka tidak harus di kota-kota besar pulang kuliah atau hari libur pun masih bisa membantu orang tuanya. 

Nah itulah Dan untuk yang kedua tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena itu pendirian Prodi di sini akuntansi dan Prodi teknik komputer itu sedang melalui diskusi yang panjang dengan para pendiri kampus, dan kampus pendidikan kepada dan pada hari ini kampus ini sudah menginjak tahun ketiga.

Atas nama PSDKU mahasiswa yang paling senior sekarang sudah berada di semester 5 dan akan memasuki semester 6 mudah mudahan di bulan September nanti angkatan pertama akan wisuda.

Artinya kebutuhan masyarakat yang ada di sini membutuhkan program studi ini Inilah bersama-sama kita membesarkannya dengan berbagai cara, tentu dengan kemampuan kita masing-masing.

jadi kalau pada hari ini Bapak Ibu bisa melakukan pelatihan kepada aparat nagari, itu adalah sebagai ikut dan tanggung jawab kampus yang berada di tengah-tengah masyarakat ternyata butuh bantuan Administrasi Perkantoran, dan pembukuan yang berbasis teknologi informasi kalau kampus akan datang kebutuhannya lain lagi banyak di infrastruktur karena itu nagari sangat membutuhkan ini semua. 

Jika nanti mahasiswanya sudah banyak, kami akan rekrut dosen dosen yang dibutuhkan, yang terpenting ada minat untuk membesarkan kampus ini. 

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutanya menyampaikan, selaku ketua DPRD perwakilan masyarakat sangat mendukung kegiatsan pelatihan untuk perangkat nagari


Kita dipemerintahan daerah masih dalam pemulihan kasus covolid beberapa tahun lalu dalam situasi dalam apapun, maupun kehidupan menjalankan roda pemerintah samngat terganggu oleh kasus tersebut, semua offline dan hari ini sudah berubah. 

Didalam pemerintahan merobah satu pegawai sangat sulit, kami mendorong pemerintah membuat satu sistim bagaimana sistim ini meningkatkan dispilin dan merobah dispilin bagaimana pekerja itu super tim

Solok selatan berbeda dengan daerah atau kabupaten lain nagari ini merupakan pemerintahan terdepan, karena mereka terbanyak beri integrasi dengan masyarakat dan langsung berdampak pada masyarakat. 

Berterimakasih kepada PSDKU dengan alasan apapun Politeknik ini harus berkembang di Solok Selatan, dengan yujuan SDM putra daerah Solok Selatan meningkat setiap tahunya. 

Kedepan pola pikir ini harus sudah kita robah, bagaimana membuktikan keuangan yang baik, bukan membelanjakan uangnya saja

Kita di Solok Selatan menjadi salah satu penerima penghargaan atas pengelolaan. keuangan tercepat dari Kementrian Keuangan. 

Bupati Solok Selatan Khairunas dalam arahan didepan peserta pelatihan mengatakan. 

Kondisi kampus PSDKU PNP Solok Selatan hari ini kondisinya sangat memprihatinkan, ini harus kita evaluasi bersama sama, begitu juga pihak kampus, kita harus segera bangkit bagaimana kampus ini tidak tinggal nama saja. 

Untuk tahun 2025, diminta kepada Dinas pemukiman agar mengarkan dana pembangunan Drainasenya, namun pihak kampus harus memperlihatkan 

Setiap nagari yang ada di Solok Selatan untuk memberikan beasiswa kepada anak anak sebanyak 2 orang setiap nagari, dengan tujuan agar kampus ini bisa berkembanh, pihak kampus juga diminta juga untuk menata dengan baik kondisi kampus ini. 

Hari ini PSDKU Lubuk Malako yang telah mengadakan Pelatihan khususnya pelatihan keuangan bagi perangkat nagari se Kabupaten Solok Selatan.

Ini merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan lembaga pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya yang ada di Nagari sebagai Pemerintahan terdepan untuk melayani masyarakat dan melaksanakan pembangunan.

Karena semenjak diberlakukannya UU No. 6 Tahun 2014 lahirlah kebijakan pemerintah untuk mengucurkan Dana Desa kurang lebih  1 milyar satu desa, dan secara bertahap setiap tahunnya terus meningkat di Kabupaten Solok Selatan.

Rata-rata anggaran yang dikelola oleh Pemerintahan Nagari kurang lebih Rp3 Milyar setiap tahunnya.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana kemampuan SDM desa atau nagari dalam mengelola Dana Desa ?? inilah hal yang sangat urgen dan sensitif pada pemerintahan desa saat ini.

Kendati kebijakan Dana Desa ini memiliki banyak dampak yang positif, tetapi tidak sedikit pula menimbulkan persoalan dan terjadi kebocoran.

Persoalan pengelolaan keuangan desa selalu menjadi sorotan baik bagi masyarakat maupun oleh lembaga lainnya yang terkait dengan pemerintahan desa. 

Menyikapi hal itu, karena rentan disalahgunakan, saya menyambut baik penyelenggaraan pelatihan keuangan bagi aparatur desa oleh PSDKU Lubuk Malako pada hari ini, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan kaur keuangan Nagari dalam mengelola keuangan Nagari sekaligus  mencegah dan meminimalisir terjadinya penyelewengan.

Kepada semua peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menjadikannya sebagai wadah untuk sharing atas segala permasalahan, kendala, tantangan dan hambatan serta inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, khususnya dalam pengelolaan dana desa/nagari. (Abg