Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang

Sabtu, 27 Januari 2024

 

Stimulasi penghitungan suara.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang mengelar Rapat Pengawasan serta Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di auditorium Mifan Waterpark, Sabtu (27/1).


Simulasi emungutan suara berlangsung pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.


Plh. Ketua Bawaslu ,Winda Aprizona, S.Pd menyampaikan, simulasi ini  sebagai bahan persiapan, bahan evaluasi dan sebagai salah satu upaya mengatasi masalah yang sering muncul saat pelaksanaan Pemilu nanti.


"Kita mengadakan kegiatan ini guna sebagai kesiapan untuk menghadapi Pemilu 2024. Apa masalah yang sering terjadi, kita simulasikan  dan kita bahas setiap permasalahan yang ada," jelas Winda.


Dalam simulasi ini menghadirkan Pengawas Kelurahan, Panwascam beserta jajaran, PWI dan Dinas Kominfo.


Sementara itu Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Padang Panjang, Gunawan, S.P selaku narasumber menyampaikan substansi pengaturan pedoman teknis pemungutan dan perhitungan suara pemilu. Di mana dalam pemilu nanti jumlah surat suara, harus sama dengan pemilih. 


"Kunci utama dalam surat suara jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih harus sama dengan jumlah surat suara yang digunakan. Harus sama dengan jumlah total suara sah dan tidak sah. Ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua," katanya. (syam)