Timnas Indonesia Tumbang 0-4 dari Australia di Piala Asia 2023, Skor Akhir dan Sorotan Pertandingan -->

Iklan Atas

Timnas Indonesia Tumbang 0-4 dari Australia di Piala Asia 2023, Skor Akhir dan Sorotan Pertandingan

Minggu, 28 Januari 2024

Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Timnas Australia di 16 besar Piala Asia 2023 


Doha - Hasil pertandingan antara Timnas Indonesia dan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 telah diumumkan. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada malam WIB, Minggu (28/1/2024), berakhir dengan skor 0-4 yang menandai kemenangan bagi The Socceroos.


Australia membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12, disusul oleh sundulan Martin Boyle (45'), sepakan voli Craig Goodwin (89'), dan sundulan Harry Souttar (90+1'). Upaya keras skuad Garuda untuk melawan harus terhenti.


Pertandingan Babak Pertama


Pertarungan sengit terlihat sejak awal pertandingan, dengan kedua tim saling serang. Indonesia mendapatkan peluang pada menit keenam, tetapi sepakan Rafael Struick masih melenceng dari target.


Sayangnya, Indonesia kebobolan pada menit ke-12 setelah serangan dari sisi kiri yang berujung pada bunuh diri Elkan Baggott. Meskipun tertinggal, Indonesia tetap berusaha membangun permainan dengan sabar. Peluang kedua datang pada menit ke-26 melalui sepakan terukur Justin Hubner, namun sayangnya dapat ditangkap oleh Matthew Ryan.


Setelah itu, pertandingan agak datar meskipun terjadi duel sengit di lini tengah. Indonesia mendapatkan peluang lagi pada menit ke-39, tetapi sepakan kaki kiri Yakob Sayuri dari jarak dekat melambung.


Kemudian, Marselino mendapatkan peluang pada menit ke-40, tetapi bola tembakannya dari luar kotak penalti juga melambung. Skor berubah menjadi 2-0 di akhir babak pertama setelah tandukan Boyle merobek gawang Ernando untuk kedua kalinya.


Pertandingan Babak Kedua


Tidak ada pergantian pemain di awal babak kedua, dan Australia sedikit mengendalikan permainan. Namun, belum ada peluang berbahaya hingga menit ke-60.


Australia mendapatkan kesempatan berbahaya pada menit ke-81 setelah kesalahan Baggott, tetapi Mitchell Duke melewatkan tembakan lobnya saat Ernando maju meninggalkan posnya. Nathaniel Atkinson juga melewatkan target dengan tendangan pada menit ke-84.


Gol tambahan dari Australia datang pada menit ke-89 melalui sepakan voli Goodwin dan sundulan Souttar pada menit ke-90+1'. Indonesia akhirnya kalah 0-4 di babak 16 besar Piala Asia 2023 dan harus mengakhiri perjalanan mereka.


Susunan Pemain


Timnas Indonesia XI (3-4-3):


Ernando Ari Sutaryadi; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 58'), Ivar Jenner, Justin Hubner, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri (Rizky Ridho 75'), Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Cadangan: Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Wahyu Prasetyo, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Adam Alis, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Dimas Drajad


Pelatih: Shin Tae-yong


Timnas Australia XI (4-3-3):


Matthew Ryan; Gethin Jones (Nathaniel Atkinson 69'), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Riley McGree (Connor Metcalfe 61'), Keanu Baccus (Aiden O'Neill 87'), Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli (Mitchell Duke 61'), Jordan Bos (Craig Goodwin 87')

Cadangan: Lawrence Bos, Joe Gauci, Nathaniel Atkinson, Aiden O'Neill, Cameron Burgess, Craig Goodwin, John Iredale, Samuel Silvera, Connor Metcalfe, Kusini Yengi, Marco Tilio, Mitchell Duke


Pelatih: Graham Arnold


(des)