UNP Gelar Pendampingan Pengukuran Capaian IKU 6, WR III Dorong Prodi Meningkatkan Kualitas Kerjasama -->

Iklan Atas

UNP Gelar Pendampingan Pengukuran Capaian IKU 6, WR III Dorong Prodi Meningkatkan Kualitas Kerjasama

Sabtu, 20 Januari 2024


.

Padang, fajarsumbar.com - Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara pendampingan pengukuran pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 (kemitraan studi) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 210 Tahun 2023 di Aula Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Kamis ( 18/1/2023).
Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor (WR) III Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D ini mendatangkan narasumber Koordinator Substansi Umum, Humas dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Yayat Hendayana, SS, M.Si serta Subkoordinator Kerjasama Ditjen Dikti Riset Firman Hidayat, SS, M.Si. Dalam Sambutannya Prof. Yohandri mengungkapkan bahwa acara ini digelar tak lepas dari dikeluarkannya Permendikbudristek Nomor 210 Tahun 2023 tentang IKU PTN dan LLDIKTI yang berdampak juga pada perubahan pelaporan dan penilaian termasuk juga IKU 6 terkait kerjasama

“Dulu yang menjadi indikator penilaian kerjasama bagi Program Studi (Prodi) itu adalah seberapa banyak Prodi yang melakukan kerjasama, namun berdasarkan Permen yang baru yang dinilai adalah seberapa banyak kerjasama yang dilakukan Prodi,” ungkapnya. Meskipun demikian, Lanjut Guru Besar Departemen Fisika ini mengatakan bagaimana meningkatkan kualitas kerjasama serta aktivitas kerjasama jauh lebih penting dari jumlah kerjasama itu sendiri.

“Untuk menjadikan UNP World Class University, indikator yang paling besar adalah Survey QS. Survey ini memberikan pengaruh yang sangat besar akan pandangan publik terhadap kita, maka kerjasama Internasional akan berpengaruh langsung pada Survey QS dan tentunya reputasi Universitas,” paparnya. Dengan reputasi yang baik Universitas akan menarik pihak-pihak lain untuk menjalin kerjasama dengan kita,” tambah Prof. Yohandri.

Pada materinya Yayat Hendrayana memaparkan mengenai Evaluasi Anugerah Kerjasama 2023 dan Capaian Indikator Kinerja Utama 6 UNP 2024. Ia mengungkapkan Anugerah Kerjasama sendiri untuk memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan program kegiatan dan kinerja PTN, PTS, LLDikti, Mitra, jurnalis-media, serta pemangku kepentingan lainnya. Kemudian memperkuat sinergi dan kolaborasi serta menjadi ajang pertukaran pembelajaran dan praktik terbaik kinerja di lingkungan PTN, PTS, LLDikti, Mitra, Jurnalis -Media, serta pemandu kepentingan lainnya.

Sementara itu, Firman Hidayat mempaparkan mengenai pengukuran IKU 6 Tahun 2023. Ia mengungkapkan landasan kerjasama yang dilaksanakan Pendidikan Tinggi adalah Permendikbud Nomor 14 tahun 2014 tentang Kerjasama Perguruan Tinggi. Turut tampak hadir dalam acara ini, Pengelola Data Pendidikan Tinggi Yulia Citra Utami, Staf Data Pendidikan Tinggi Azkal Fikri, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pasca Sarjana dan Vokasi, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Direktur dan Kasubdit serta Pimpinan di Lingkungan UNP serta para Dosen dan Tenaga Kependidikan.(*)