25 Santri TPQ Nurul Huda, 15 Sudah Hafal 1 Juz -->

Iklan Atas

25 Santri TPQ Nurul Huda, 15 Sudah Hafal 1 Juz

Minggu, 04 Februari 2024
Khatam Quran di Taman Pendidikan Quran Masjid Nurul Huda Ganting, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Sebanyak 25 santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Nurul Huda, Ganting,  Padang Panjang khatam quran, Minggu (4/2).  Perayaan khatam berlangsung meriah. 


16 dari 25 santri yang khatam sudah mampu hafalan 1 juz. 


Acara alek nagari yang semarak ini diawali pawai, serta pertunjukan seni tari dan marching band. 


Penjabat Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra tampak hadir bersama anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, S.E, M.Si, Zulfikri, S.E, serta sejumlah tokoh masyarakat.


Sonny menyampaikan apresiasi kepada pantia dan pengurus masjid telah melaksanakan Khatam Quran. Kegiatan ini menunjukkan kehidupan keagamaan sangat kental di Kelurahan Ganting. 


Menurut Sonny, kekompakan masyarakat Ganting sangat tinggi dan hidup rukun. 


Masjid Nurul Huda Ganting merupakan salah satu lokasi Smart Surau. Sebuah program hasil kerja sama dengan Ruangguru. Melalui Smart Surau ini anak-anak bisa belajar agama dan hal positif lain lewat sebuah aplikasi. 


Pemko dan DPRD sepakat menganggarkan Khatam Quran serentak dengan anggaran APBD, mengingat biaya yang cukup besar. 


“Diharapkan bisa membantu memudahkan dan meringankan. Tapi tidak mengurangi khidmatnya acara,” kata Sonny


Guna membangun sumber daya manusia banyak program yang dilakukan. Seperti kerja sama dengan  sejumlah perguruan tinggi. Lalu memberikan beasiswa bagi keluarga kurang mampu yang memiliki nilai tinggi serta keinginan melanjutkan pendidikan. 


“Tidak ada lagi istilah terkendala biaya. Setiap niat baik akan ada jalannya. Kalau terkendala biaya kesehatan,  sudah ada jaminan kesehatan untuk berobat ke Puskesmas, rumah sakit, hingga rujukan,” sebutnya. 


Begitu pun jaminan ketenagakerjaan bagi pekerja sektor Informal. Mereka diberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan bila terjadi kecelakaan bekerja. Ini wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Kendati begitu, Pemko siapa menerima masukan  guna bersama membangun kota. 


Sebelumnya,  Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda Ganting, Masrizal Datuak Lelo Anso mengatakan, Khatam Quran tahun ini merupakan yang terbaik dari tahun sebelumnya karena 16 orang di antaranya hafiz 1 juz. 


“Semoga bisa ditingkatkan tahun berikutnya mencapai 2 Juz. Terima kasih atas perhatian pemerintah yang telah menghadirkan Smart Surau. Terima kasih atas dukungan LPM, Karang Taruna, dan seluruh pihak,” jelasnya. (syam)