Akmalu Rijal Putra Keberhasilan Disekolah Bukan Kehebatan Seorang Kepala Sekolah Ini Berkat Kerja Sama Kita Semua -->

Iklan Atas

Akmalu Rijal Putra Keberhasilan Disekolah Bukan Kehebatan Seorang Kepala Sekolah Ini Berkat Kerja Sama Kita Semua

Selasa, 27 Februari 2024

Pindahkan jambul, kepala sekolah SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Pitra pindahkan jambul salah satu siswanya yang menamatoan tahun ini. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Ratusan siswa-siswi kelas XII angkatan ke 29 SMA Negeri 3 Solok Selatan, (Sumbar) dilepas menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Acara pelepasan atau perpisahan ini berlangsung di aula pertemuan dihadiri oleh Bupati Solok Selatan diwakili Ass 1, Kacabdin Solok Raya, Ketua DPRD Solok Selatan beserta anggota, Forkopimda, Komite, Kepala sekolah SMA se Solok Selatan. Selasa (27/2/2024). 

Kepala sekolah SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra dalam laporanya mengatakan. Tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 275 orang siswa siswi terbaik akan dilepas dan dikembalikam kepada orang tua mereka, artinya mereka sudah selesai. menimba ilmu di. SMAN 3 Solok. Selatan ini. 

Perlu diketahui bahwa wisuda sekolah SMA 3 Solok Selatan kali ini merupakan siswa terbanyak se Solok Selatan dan siswa disekolah ini juha terbanyak. jumlah siswanya yaitu 1300 orang siswa siswi. 

mudah-mudahan siswa-siswi kita yang hari ini melaksanakan perpisahan dan wisuda sekolah menjadi sukses kedepanya dan sehera melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. 

Pada kesempatan ini, Saya selaku kepala sekolah sangat berterimakasih kepada ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda l, mantan siswa SMAN 3 Solok Selatan yang selalu memberikan sportnya terhadap pendidikan di SMAN 3 Solok Selatan ini, salah satu bantuan yang kami rasakan adalah pembanguna aula pertemuan ini, bantuan ini diberikan saat beliau menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat kala itu, beliau berikan dana pokir sebesar Rp 4 Milyar. 

Selanjutya terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati Solok Selatan dan Wakil Bupati Solok Selatan bapak Khairunas dan bapak Yulian Efi, yang selalu memberikan. sportnya kepada dunia pendidikan khusus untuk SMA 3 Solok Selatan, yang lebih nerarti lagi adalah pemberian baju seragam sekolah gratis tahun ini nerjumlah 345 pasang serta dan kerja sama dengan Perguruan Tinggi, untuk memudahkan siswa melanjutkan ke PT. 

Siswa SMAN 3 Solok. Selatan ini lulus kerja sama dengan pemda tahun kemaren sebanyak 60 orang, dan tahun ini mari kita manfaatkan kerja sama itu kembali dengan jumlah yang lebih banyak lagi

Sekolah ini akan melahirkan sejumlah program diantarnya akan membangun sekolah terbaik dan terindah dari sekolah lainya yang ada di Sumatera Barat ini, kenapa karena kita sudah ada perwakilan Solok Selatan yang akan duduk di kursi DPR-RI yaitu Zigo Rolanda, Zigo merupakan alumni SMAN 3 Solok Selatan. 

Kacabdin Solok Raya Israr dalam sambutanya menyampaikan, Perlu disampaikan pada. acara tahunan ini, yang mana disetiao sekolah dalam. acara, perpisahan ini selalu dilaksanakan secara. meriah, mega, bahkan. sudah menjadi trend juga perpisahan ini mamakai baju wisuda lengkap dengan toganya, seakan akan telah diwisuda. 

Perlu dijelaskan, secara aturannya tidak ada permasalahan memakai istilah wisuda anak sekolah, dan itu sebenarnya membuat motifasi agar siswa yang tamat memiliki niat dan kemauan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi dan segera merasakan wisuda yang sebenarnya. 

Untuk kemajuan sekolah di SMAN 3 Solok Selatan ini sudah sangat, luar biasa, setiap tahun terus ada kemajuan, salah satunya adalah sekolah ini merupakan sekolah penggerak, dan perlu diketahui di Solok Raya ini ada tiga sekolah. penggerak salah satunya adalah SMAN 3 Solok Selatan, banyak keunggulan dari sekolah penggerak ini dibandingkan dengan. sekolah biasa. 

Untuk perpisahan dan wisuda kali ini, sejumlah sekolah dijajaran Cabdin Solok Raya, SMAN 3 Solok Selatan ini luar biasa megahnya, apalagi dihadiri seluruh komite, pejabat dan orang tua siswa, artinya kolaborasi antara pihak sekolah, guru dan stikholder terjalin kominikasi yang bagus. 

Tentunya kita harus memahami terutama kepada anak. anak juga kepada orang tua wali murid, kita tidak boleh lupa dengan roh SMA tempat kita menimba ilmu dan menghormati sang guru. 

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutanya mengatakan, selaku ketua DPRD selalu berkomitmen dengan urusan  dunia pendidikan, terutama di Kabupaten Solok Selatan. 

SMAN 3 ini merupakan proses yang telah membawa Saya lebih besar dan memiliki ilmu tinggi, berkat pendidikan disekolah ini. 

Sewaktu saya menjadi anggota DPRD Provinsi komisi lima, Saya sering berkoordinasi dengan Dinas. Pendidikan provinsi, untuk melahirkan Cabdin se Sumbar, ini berguna untuk mencari kekurangan dan menyiapkan segala kebutuhan untuk pendidikan, itulah yang kami lahirkan selama ini dan inilah hasilnya," ucap calon terpilh Legeslator Senayan itu. 

Pendidikan itu harus memiliki proses yang panjang dan butuh waktu lama penyetaraan dan penyesuaikan, semua itu harus punya arah yang lurus. 

Pemerintahan daerah selalu melakukan kerja sama demi kualitas yang diinginkan, hari ini adalah eranya globalisasi, saat ini perobahan dan norma norma sudah jauh terkikis, keberadapan antar sesama, untuk kedepan kita harus bersama sama menyelamatkan permasalahan ini. 

Untuk memutus mata rantai hal ini pemerimtah daerah juga mendirikan rumah Tafiz disetiap Jorong, gunanya adalah mendidik anak anak kearah yang lebih bermanfaat. 

Satu satunya kabupaten yang selalu memberikan subsidi untuk dunia pendidikan, dengan memberikan pakaian seragam sekolah gratis, mulai dari tinglat SD hingga SLTA, apa tujuanya adalah untuk meringankan beban orang tua dan DPRD Solok Selatan menyetujui program ini, karena sangat bermanfaat bagi orang tua siswa. 

Ass Pemerintahan dan Kesra Elfi Yandri dalam sambutanya mengatakan, Bahwa menamatkan sekolah ditingkat SMA bukanlah akhir dari perjuangan, namun jalan panjang kedepan menuju masa depan, jenjang pendidikan itu berakhir ketika kalian sudah berada di S3. 

Kita tahu bahwa ada tiga proses seleksi yang dilakukan bagi anak kita yang baru selesai untuk masuk perguruan tinggi pertama berdasarkan prestasi kemudian seleksi nasional. 

Berdasarkan prestasi berasal dari kerjasama salah satunya dengan Universitas Andalas untuk masuk melalui jalur Mandiri ada Kerjasama yang dilakukan dan pemerintah daerah yaitu memberikan beasiswa atau bantuan kepada anak kita yang diterima melalui jalur Mandiri sesuai dengan jurusan yang kita kerjasamakan dengan Universitas atau Perguruan Tinggi. 

Para siswa yang sudah menamatkan pendidikan disekolah, tentu ada tujuan yang lebih baik, pemerintah daerah telah menyiapkan segala sesuatu, salah satunya adalah melakukan kerja sama dengan. sejumlah Universitas untuk menampung calon mahasiswa. (Abg