Awasi Penerimaan Batubara, Waaster KASAD Kunjungi PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin -->

Iklan Atas

Awasi Penerimaan Batubara, Waaster KASAD Kunjungi PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin

Selasa, 27 Februari 2024
Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama melihat langsung kondisi dan kualitas Batubara di PLTU Ombilin. (foto-foto istimewa)


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Bidang Ren dan Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., beserta rombongan kunjungi PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin di Desa Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (22/2/2024) lalu.


Kunjungan Jenderal Bintang Satu tersebut dalam rangka melaksanakan pengawasan, pendampingan penerimaan dan pengujian kualitas Batubara berdasarkan perjanjian kerjasama antara DirHCM PLN dengan Asisten Teritorial KASAD tentang pendampingan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan.


Kedatangan Waaster KASAD Bidang Ren dan Puanter beserta rombongan disambut Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Sodikin, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Reno Handoko, S.E, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos, Pj Walikota Sawahlunto Zefnihan diwakili Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Marwan, Pasi Intel Kodim 0310/SSD Letda Arm Indespa, Danramil 01/SWL Mayor Caj (K) Tuti Andayani beserta Satgas pengamanan PLTU Ombilin.


Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama disambut Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Sodikin dengan Tari Gelombang.


Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama juga disuguhkan sebuah video dokumenter yang di tayangkan oleh PLTU Ombilin.


Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Sodikin menerangkan bahwa Kodim 0310/SSD dan jajaran senantiasa turun menjadi fasilitator dalam menyelesaikan segala macam permasalahan yang terjadi, baik itu antara PLN dan masyarakat, maupun supplier batubara dengan masyarakat.


Sementara itu, Waaster KASAD Bidang Ren dan Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama menyampaikan bahwa selama kurang lebih 10 tahun personel TNI AD telah melaksanakan tugas pendampingan Batubara.


"Untuk itu, saya memandang perlu untuk melaksanakan pengawasan secara rutin terhadap personil TNI AD yang melaksanakan tugas pendampingan," ungkap Jenderal Bintang Satu tersebut.

Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Sodikin mendampingi Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama mengunjungi unit pembangkit di PLTU Ombilin.


Usai memberikan pengarahan Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama memberikan cendera mata kepada pihak PLTU Ombilin dan kemudian rombongan Waaster KASAD mengelilingi dan mengecek situasi kondisi PLTU Ombilin.


Asisten Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Elfita Burnama menambahkan, Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman TNI bersama PLN terkait pengawasan penerimaan batubara.

Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama dan Dandim 0310/SSD Letkol Inf Reno Handoko didampingi Elfita Burnama saat menyaksikan penampilan Silat Minangkabau.

"Jadi, Mabes TNI ingin men-survey kondisi di lapangan, baik terhadap staf TNI yang ada di PLTU maupun terkait PLTU itu sendiri," sebut Elfita Burnama, Selasa (27/2/2024).


Disebutkan Elfita Burnama di kantornya bahwa ada 6 orang anggota TNI yang diperbantukan di PLTU Ombilin sesuai dengan nota kesepahaman tersebut dan pada setiap tahunnya akan bergantian dengan anggota TNI lainnya.


"Kerjasama ini dilaksanakan agar penerimaan batubara di PLTU Ombilin dapat diawasi. Selain merupakan objek vital negara, dan pemakaian batubara sebagai bahan bakar utama, jadi diperlukanlah pemaksimalan dalam penerimaannya, supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," sambung Elfita Burnama yang biasa disapa dengan Buya ini.

Foto bersama Waaster KASAD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama beserta rombongan dan Manager PT PLN Indonesia Power UPK Ombilin Sodikin serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sawahlunto.


Dari kunjungan Waaster KASAD Bidang Ren dan Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama tersebut, imbuh Buya, PLTU Ombilin merupakan unit yang perlu di support karena keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam menghasilkan listrik.


"Dan secara umum, proses penerimaan Batubara di PLTU Ombilin terlaksana dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Harapannya ke depan, kerjasama ini agar dapat terus ditingkatkan," harapnya kemudian. (ton/ADV)