Bawaslu Tanah Datar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 -->

Iklan Atas

Bawaslu Tanah Datar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Selasa, 06 Februari 2024








Bawaslu Tanah Datar gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, di Emersia Hotel Batusangkar, Selasa (6/2)



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu 2024, dengan utusan Pelajar (generasi Z) se Tanah Datar, PWI, KWRI, yang dilaksanakan di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, Selasa (6/2/24). 


Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar Andre Azki yang membuka langsung sosialisasi ini dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya Bawaslu dalam pelaksanaan tugas dan juga upaya peningkatan pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024.


"Pengawasan partisipatif menitikberatkan pelibatan aktif dari semua elemen masyarakat, karena terbatasnya jumlah pengawas pemilu bagi tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten kota," jelasnya.


Andre Azki mengajak masyarakat Tanah Datar, terkhusus generasi Z atau pemilih pemula, untuk ikut terlibat mengawasi Pemilu mulai dari tahapan hingga akhir. Mengingat terbatasnya jumlah personil di Bawaslu, maka peran aktif masyarakat dari berbagai elemen sangat dibutuhkan. 


Selanjutnya Andre Azki katakan, bahwa di Tanah Datar Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 280.032, pemilih laki-laki 137.985, pemilih perempuan 142.047, sedangkan pemilih pemula (gen Z) 63.987.


Narasumber dalam sosialisasi ini katakan, pentingnya politik bagi anak muda terutama pada pemilih pemula atau gen Z, jadi peran generasi muda sangat diperhitungkan.


"Politik merupakan salah satu cara membuat kebijakan, partisipasi politik anak muda adalah kunci untuk membentuk masa depan negara kita, generasi muda memiliki kekuatan untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat melalui partisipasi politik," sampainya.


Terakhir, kita berharap kepada pemilih pemula agar aktif untuk melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu Serentak 2024. "Jangan Golput, datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, pada 14 Februari besok," pungkasnya. (F12)