Besok Mau Pemungutan, KPU Sawahlunto Malah Bakar Surat Suara? Bawaslu Ikutan Nonton! -->

Iklan Atas

Besok Mau Pemungutan, KPU Sawahlunto Malah Bakar Surat Suara? Bawaslu Ikutan Nonton!

Selasa, 13 Februari 2024
KPU Kota Sawahlunto musnahkan surat suara yang berlebih atau rusak disaksikan Forkopimda dan Bawaslu. (foto anton) 



Sawahlunto, fajarsumbar.com - Satu hari menjelang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak tahun 2024 yang diselenggarakan di seluruh Republik Indonesia besok Rabu 14 Februari 2024.


KPU Sawahlunto melakukan pemusnahan surat suara yang tidak terpakai atau rusak dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sawahlunto dan Bawaslu serta Ketua Pengadilan Negeri di halaman kantor KPU, Selasa (13/2/2024).


Ketua KPU Sawahlunto Hamdani mengatakan hari ini pihaknya melaksanakan pendistribusian logistik kepada KPPS di kantor PPS di setiap kantor kelurahan/desa se-Kota Sawahlunto.


"Berdasarkan UU tentang Pemilu terkait dengan logistik, satu hari sebelum hari pemungutan suara. Surat suara sisa atau surat suara yang rusak hasil sortir maupun yang berlebih wajib dimusnahkan dan disaksikan oleh Bawaslu dan kepolisian," ungkapnya.


Hamdani menyebut, kebutuhan surat suara untuk Kota Sawahlunto sebanyak 50.541 dari jumlah DPT ditambah dua persen. Sedangkan untuk DPT Kota Sawahlunto berjumlah 49.439.


"Jadi dari hasil sortir dan pelipatan dan pengesetan dan pengepakan ke dalam kotak, maka surat suara yang berlebih dan rusak dari hasil proses sortir maupun berlebih dalam pengiriman dan penyedia ke Dapil Kota Sawahlunto sebanyak 1.087 lembar yang terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota," sambungnya kemudian.


Pendistribusian Logistik

Usai memusnahkan surat suara yang berlebih atau rusak, KPU Kota Sawahlunto bersama Forkopimda, Pengadilan Negeri dan Bawaslu langsung melepas pendistribusian logistik Pemilu tahun 2024 ke masing-masing PPS se-Kota Sawahlunto.


Pelepasan distribusi logistik tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Pj Walikota Sawahlunto Zefnihan dengan disaksikan oleh TNI-Polri, Kejaksaan, Ketua Pengadilan Negeri dan Bawaslu Kota Sawahlunto.


Pj Walikota Sawahlunto Zefnihan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Sawahlunto agar datang beramai-ramai ke TPS untuk menyalurkan hak pilih pada Pileg dan Pilpres tahun 2024 ini.


"Karena kita semua perlu yakin, suksesnya Pemilu ini, disamping penyelenggaraannya, sampai nanti tahapan penyelesaian penghitungan tingkat kota aman, lancar, tertib. Tentu juga kita harapkan nanti partisipasi masyarakat kita Pemilu tahun 2024 ini, lebih meningkat lagi dari penyelenggaraan Pemilu tahun sebelumnya," ujar Zefnihan berharap.


Zefnihan juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan Pemilu tahun 2024 ini. Kepada seluruh pihak dan masyarakat, Pj Walikota mengucapkan terimakasih atas upaya dalam menjaga seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Sementara itu, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti mengucap syukur menjelang puncak pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 atas situasi yang kondusif sampai saat ini.


"Kita tetap bersyukur dan saya ucapkan terimakasih kepada penyelenggara kemudian para peserta Pemilu dan masyarakat yang telah menjaga situasi Kamtibmas Sawahlunto sampai saat ini masih kondusif dan tidak ada kejadian yang menonjol," tuturnya saat kegiatan.


Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti perintahkan jajarannya dalam pendistribusian logistik ini sampai besok pelaksanaan agar tetap mengawal sampai selesai.


"Untuk saat ini, kita sudah menerjunkan sekitar hampir 300 personil untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu. Kemudian, kita juga mendapat bantuan personil dari Polda Sumbar sebanyak satu pleton dan sudah kita siagakan di Polres. Kemudian kita juga backup daripada KPU untuk pendistribusian logistik, mulai dari pengawalan dan juga kami sudah menyiapkan cadangan kendaraan apabila nanti ada kendaraan yang trouble pada saat pelaksanaan pendistribusian logistik, lengkap dengan yang mengawal," imbuhnya.


Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat agar berbondong-bondong datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024 yang dimulai pada pukul 07.00 sampai selesai. "Saya berharap, mari kita bersama-sama menjaga situasi kondusif yang sudah ada di Sawahlunto," ajaknya kemudian.


Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto Junaidi Hartoni menyebutkan bahwa pihaknya memastikan pendistribusian logistik ini sampai di gudang PPS dan tepat sasarannya serta tidak tertukar antar satu sama lainnya.


"Kedua, tepat waktu penyampaiannya. Karena sekarang kita sudah tidak ada waktu lagi, H-1 menjelang hari pemungutan tepat waktu dan tepat sasaran. Dan untuk besoknya pas hari H pemungutan suara itu, habis subuh pagi, kami beserta jajaran sampai PPS sudah standby di TPS masing-masing untuk memastikan jumlahnya," ucapnya.


"Terkait masa tenang, pencegahan-pencegahan yang kami lakukan dari Bawaslu beserta jajaran, setiap malam sampai hari H, kami melakukan patroli pencegahan untuk politik uang bersama-sama Polres Sawahlunto, sambil mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pada hari H besok 14 Februari 2024. Kami dari pengawas siap mengawas setiap tahapan Pemilu 2024 ini," tandasnya. (ton)