Dilema Shin Tae-yong, PSS Sleman dan Persija Jakarta Tolak Melepas Pemain untuk Piala Asia U-23 -->

Iklan Atas

Dilema Shin Tae-yong, PSS Sleman dan Persija Jakarta Tolak Melepas Pemain untuk Piala Asia U-23

Kamis, 22 Februari 2024

Pemain PSS Sleman, Hokky Caraka.


Jakarta – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampaknya akan semakin diberikan tantangan dalam menyusun skuadnya untuk Piala Asia U-23 2024. Hal ini disebabkan setelah Persija Jakarta menyatakan bahwa mereka tidak akan melepaskan pemainnya, dan kini pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, juga menolak untuk membiarkan Hokky Caraka bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.


Vidakovic menolak untuk melepas Hokky karena PSS Sleman sangat membutuhkan kontribusinya untuk mengarungi sisa laga musim kompetisi Liga 1 2023-2024.


Timnas Indonesia U-23 memiliki jadwal penting di Piala Asia U-23 2024 yang akan diselenggarakan di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei mendatang. Dalam menghadapi ajang tersebut, Shin Tae-yong tentu akan memanggil para pemain muda terbaik dari Indonesia.


Namun, Shin Tae-yong menghadapi hambatan dalam pemanggilan pemain karena beberapa klub seperti Persija dan Borneo FC menolak melepaskan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Yang terbaru adalah penolakan dari PSS Sleman.


Vidakovic menjelaskan bahwa dia sulit untuk melepas Hokky karena dia merupakan pemain kunci bagi PSS Sleman yang sangat dibutuhkan saat ini.


"Dia adalah pemain yang sangat penting bagi kami. Saya tidak bisa melepaskannya begitu saja karena kami membutuhkannya untuk sisa laga," kata Vidakovic dalam jumpa pers setelah pertandingan, Kamis (22/2/2024).


Vidakovic menyatakan bahwa dia tidak keberatan melepaskan Hokky ke Timnas Indonesia U-23 jika kompetisi sudah selesai. Namun, pada saat kompetisi masih berjalan, dia tidak akan melepaskannya karena alasan lain, yakni PSS Sleman hanya memiliki dua striker yang siap bermain, yaitu Hokky dan Ajak Riak.


"Saya tidak masalah jika ada jeda di liga dan Timnas memanggilnya. Namun, jika kompetisi masih berlangsung, sulit bagi saya untuk melepaskannya karena liga masih berjalan dan PSS hanya memiliki dua striker," jelas Vidakovic.


Situasi ini tentu akan menjadi tantangan bagi Shin Tae-yong dalam menyusun skuadnya. Padahal, Hokky adalah salah satu pemain kunci Timnas Indonesia U-23 dan bahkan telah bermain untuk Timnas senior pada Piala Asia 2023.


Meskipun begitu, sikap klub untuk tidak melepaskan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 dapat dipahami, mengingat bahwa Piala Asia U-23 bukanlah agenda resmi FIFA.


Sementara itu, Hokky tampil impresif dalam pertandingan PSS Sleman melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Kamis (22/2/2024) sore. Pemain berusia 19 tahun itu mencetak satu gol dalam kemenangan 4-1 Super Elja dalam pertandingan tersebut.(BY)