DPRD Solok Selatan Pemerintah Daerah dan Bersama Kwarcab Pramuka Akan Selalu Berkolaborasi Menciptakan Generasi Tangguh -->

Iklan Atas

DPRD Solok Selatan Pemerintah Daerah dan Bersama Kwarcab Pramuka Akan Selalu Berkolaborasi Menciptakan Generasi Tangguh

Wandi
Kamis, 01 Februari 2024

Ketua Umum Kwarcab Pramuka Solsel Zigo Rolanda yang juga ketua DPRD Solsel, selalu dekatkan diri pada siapapun, tampak berdialog dengan penerus bangsa. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 03-19 Solok Selatan tahun 2024 ini menggelar kegiatan latihan gabungan dan Kemah Bakti Pramuka se Solok Selatan. 

Kema Bakti itu diikuti oleh seluruh sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMAA, MA, SMK, acara tahunan ini dilaksanakan dilapangan hijau Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan (Sumbar). Kamis (2/2/2024). 

Dalam acara ini langsung dihadiri oleh ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, selaku ketua umum Kwarcab 03-19 Solok Selatan, dan Kamabigus Pramuka Bupati Solok Selatan Khairunas. 

Ketua umum Kwarcab Zigo Rolanda dalam sambutannya dihadapan tunas muda harapan bangsa mengatakan. Dalam acara pembukaan Latihan Gabungan dan Kemah Bakti Pramuka ini. 

Saya ingin sedikit memberi motivasi pada Adik-adik semua tentang hakekat kehidupan apalagi sebagai anggota pramuka, dimana hidup kita ini hendaknya dapat memberi manfaat pada orang lain. 

Dedikasikan hidup kita ini untuk kemaslahatan orang banyak, karena masih banyak masyarakat dilingkungan kita yang masih hidup serba kekurangan.

Oleh karena itu sebagai generasi muda, apalagi sebagai anggota pramuka saya berharap agar adik-adik pramuka harus menjadi pelopor dalam berbuat untuk kebaikan orang banyak dan juga untuk lingkungan sekitar kita.

Demikian pula untuk meraih kesuksesan, dimana orang yang bisa “survive” dalam hidupnya adalah yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan bermanfaat untuk lingkungannya.

Berbeda dengan Dinosaurus yang badannya besar, ternyata akhirnya musnah karena tidak fleksibel dan tidak mampu beradaptasi dengan perubahan alam. Badannya yang besar malah tidak bermanfaat bagi dirinya, bahkan merusak dan tidak memberi manfaat pada lingkungan.

Untuk itu marilah kita belajar pada kepompong dan kupu-kupu, bahkan pada semut dan rayap. Ulat kepompong yang masa hidupnya tampak menjijikan, tapi kemudian bisa menjadi kupu-kupu yang indah dan mengagumkan. Untuk bisa menjadi kupu-kupu, ulat dalam kepompong harus berpuasa dalam beberapa lama.

Demikian pula dengan kisah hidup rayap, dimana hikmah yang dapat kita ambil adalah bahwa rayap dapat dengan sukses membuat bangunan dari tanah, karena rayap pandai bersinergi. Rayap yang kecil itu justru ditakuti oleh mahluk lain bahkan manusia karena dia memiliki persatuan yang kuat dan juga bekerjasama.

Selanjutnya kami sampaikan pula bahwa manusia diciptakan Allah sebagai makhluk yang sempurna, karena dibekali dengan body, mind, heart dan should.

Semua manusia adalah pemimpin, sekurang-kurangnya adalah menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, kemudian pemimpin bagi orang lain dan bahkan bisa menjadi pemimpin dunia. 

Untuk bisa meraih kesuksesan, kita harus bekerja keras, berfikir cerdas dan berbuat dengan ikhlas. Dan untuk menuju kesempurnaan hidup, maka kita harus senantiasa meningkatkan kualitas fisik kita agar tetap sehat, tangguh dan kuat. Sedangkan akal harus ditingkatkan kualitasnya agar menjadi orang yang bijak dan dapat berfikiran luas.

Disamping Saya selaku ketua DPRD, juga ketua kwarcab perlu Saya sampaikan bahwa, di DPRD itu akan selalu mendukung, menyetujui anggaran apapun untuk kegiatan kegiatan, apalagi kegiatan seperti kepramukaan ini. 

"DPRD Solok Selatan Pemerintah Daerah Dan Bersama Kwarcab Pramuka Akan Selalu Berkolaborasi Menciptakan Generasi Tangguh," sebut Zigo. 

Dan kemudian harus ditingkatkan kualitasnya untuk menjadikan kita menjadi orang yang ikhlas. Sedangkan jiwa ditingkatkan kualitasnya untuk mencapai derajat spritual yang tinggi yakni bertaqwa kepada Allah SWT.

Zigo. menambahkan pramuka itu siap kapan dan dimana saja, pramuka itu tidak boleh cenggeng dan lebay, seorang yang sudah mendapatkan hakekadnya sebagai anggota pramuka mereka biasanya akan memiliki jiwa yang satria, sopan, taat pada kedua orang tuanya. (Abg