Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Sumatera Barat, BMKG Beri Pemantauan dan Imbauan -->

Iklan Atas

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Sumatera Barat, BMKG Beri Pemantauan dan Imbauan

Senin, 05 Februari 2024
ilustrasi


Padang - Pada Senin (5/2/2024) pagi sekitar pukul 07.52 WIB, Sumatera Barat (Sumbar) diguncang oleh gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4 (sebelumnya dilaporkan 5,7).


Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut memiliki kekuatan 5,4. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,29 derajat lintang selatan dan 100,39 derajat bujur timur, berlokasi di darat sekitar 90 kilometer arah Tenggara dengan kedalaman 34 kilometer.


Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang terkait dengan struktur sesar Mentawai. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan oblique turun (oblique normal-fault).


Gempa ini dirasakan di beberapa daerah seperti Mentawai, Padang, Agam, dan Padang Pariaman dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu). Daerah Pesisir Selatan, Padang Panjang, dan Bukittinggi juga merasakan gempa dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).


Daryono menegaskan bahwa hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 08.20 WIB, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).


Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Disarankan untuk menghindari bangunan yang mungkin retak atau rusak akibat gempa, serta memeriksa kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.


Informasi resmi hanya sebaiknya diperoleh dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, laman bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, kanal telegram channel (t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(des)