Icon SISSCa DPRD Sawahlunto Masuk Kharisma Event Nusantara 2024 Promosikan Songket Silungkang -->

Iklan Atas

Icon SISSCa DPRD Sawahlunto Masuk Kharisma Event Nusantara 2024 Promosikan Songket Silungkang

Kamis, 01 Februari 2024


Pj Wali Kota Sawahlunto Zefnihan didampingi Kadis Parpora Adri Yusman foto bersama Kementerian Parekraf beserta icon SISSCa dalam pelaksanaan KEN 2024 di TMII. (foto-foto istimewa) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Setelah melalui proses kurasi selama tiga bulan, 110 dari 252 event usulan masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Bertajuk 'Budaya Indonesia Panggung Dunia'. Salah satunya Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa), warga Kota Sawahlunto wajib berbangga akan hal itu.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, Industri event memiliki peran penting sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas pelaku event daerah sekaligus turut berperan sebagai lokomotif penggerak ekonomi daerah.


Kemenparekraf RI melaksanakan Peluncuran KEN 2024 yang dimeriahkan oleh KEN Festival. Pengalaman pengunjung (experience) yang futuristik menjadi fokus utama pada KEN Festival tahun ini.


Di dalam KEN Festival, pengunjung mendapat kesempatan untuk melihat, mendengar, dan merasakan langsung pengalaman pertunjukan musik, seni, karnaval, budaya maupun kuliner.


Dengan adanya kompetisi global pasca pandemi yang semakin meningkat di industri event, pengalaman yang tidak terlupakan bagi pengunjung event menjadi satu kekuatan yang harus dimiliki oleh penyelenggara event masa kini.


Sehubungan dengan hal tersebut, KEN Festival 2024 hadir untuk memberi kesempatan pada pengunjung agar bisa mengenal dan mendapatkan pengalaman unik terkait event-event pariwisata di Indonesia.


Sekretaris DPRD Kota Sawahlunto Dedi Syahendry dan Fiona Novita Sari icon SISSCa sekretariat DPRD saat menerima juara I kategori dalam kota pada Sabtu (9/9/2023) lalu.


Pelaksanaan Festival Karisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada tanggal 27 Januari 2024 lalu, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dimana event Kota Sawahlunto yaitu Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) terpilih sebagai pengisi acara kategori Karnaval.


Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Adri Yusman, mengatakan bahwa event-event yang dilaksanakan di Kota Sawahlunto turut andil dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. 


"Event-event ini, merupakan salah satu bagi kita untuk mendatangkan turis. Kedepannya kita akan kembali bekerjasama dengan agen perjalanan, agar SISSCa menjadi nilai tawar kepada wisatawan, sehingga Sawahlunto semakin dikenal dikancah nasional maupun dunia," imbuhnya.


Mendukung dunia pariwisata di Kota Sawahlunto, infrastruktur memang sangat mempengaruhi untuk meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).


"Kesuksesan pariwisata itu kan ada tiga. Atraksi yang menyangkut dengan destinasi. Kemudian termasuk sarana dan prasarananya penginapan dan hotel serta yang ketiga adalah akses jalan. Jangan sampai malas orang datang dikarenakan akses jalan yang tak mendukung dunia kepariwisataan di Sawahlunto," ungkap Kadis saat disambangi fajarsumbar.com di kantornya, Selasa (30/1/2024).


Kadis Parpora Sawahlunto Adri Yusman, Kabag Umum DPRD Arfizon, Sekretaris Dinas PUPR Tri Darma Satria, Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meldi Hidayah Marta foto bersama icon SISSCa.

Adri Yusman, menyebutkan kendala utama dunia pariwisata di Sawahlunto adalah akses jalan yang merupakan kewenangan Provinsi Sumatera Barat, meskipun Sawahlunto telah ditetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia dengan nama “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto” karena perpaduan antara teknologi pada era tersebut dengan budaya lokal, Sawahlunto.


"Coba kita lihat daerah-daerah lain, kenapa kunjungan wisatawan ramai dan meningkat. Hal itu disebabkan karena akses jalan yang mumpuni, sehingga bus-bus pariwisata lebih mudah masuk, meskipun destinasinya biasa-biasa saja," timpalnya.


Merujuk pada kegiatan tahun 2024 ini, Adri Yusman bertekad kembali membenahi destinasi yang sempat tertunda dengan Bantuan Keuangan Khusus Provinsi Sumatera Barat untuk diselesaikan.


"Kita akan membenahi Taman Satwa Kandi dengan membangun kandang karantina, cottage dan kolam renang khusus untuk latihan renang. Kemudian kita juga bakal membenahi lapangan road race dengan menambah fasilitasnya," ungkap Adri Yusman.


Selanjutnya, Kadis dengan kegiatannya di tahun 2024 ini akan meramaikan Taman Silo, tentunya disupport dengan pembenahannya. "Dinas Parpora Sawahlunto melakukan kegiatan 2 kali dalam sebulan dan Dinas Kebudayaan juga ikut mengisi kegiatannya. Jadi, full setiap malam minggu ada acara musik di Taman Silo," ujarnya.


Sehingga dengan adanya acara musik setiap malam minggu di Taman Silo, para pedagang yang berada di sekitaran Lapangan Segitiga dengan sendirinya akan pindah ke Taman Silo.


"Kita siapkan dulu tempatnya, di tata rapi sedemikian rupa. Pelaku musik yang akan mengisi acara, juga kita berdayakan musisi lokal untuk berkreasi. Semua fasilitas dan uang lelahnya kita persiapkan," harapnya.


Foto bersama dalam pelaksanaan Kharisma Event Nusantara 2024 di TMII.


Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meldi Hidayah Marta, mengatakan dalam pelaksanaan KEN diusulkan 10 event masing-masing provinsi untuk menyeleksi event-event yang ada di provinsinya kepada Kementerian Parekraf.


"Nah, nanti Kementerian Parekraf dari event-event itu, diseleksi lagi menjadi 110 event. Kementerian Parekraf dalam penyeleksian, melibatkan pelaku Ekraf, ekonom untuk menghitung perputaran uang di event. Setelah diputuskan 110 event itu, dalam pelaksanaan ada timnya yang memantau, apakah sesuai apa yang kita tawarkan kepada Kementerian Parekraf," sebutnya.


Setelah disetujui dan dipantau, sambung Marta, hasil pemantauan SISSCa 2023 oleh tim Kementerian Parekraf itulah yang menjadi dasar bagi Kementerian Parekraf untuk menampilkan SISSCa di TMII dalam KEN 2024.


"Artinya, SISSCa telah sesuai dengan standar Kementerian Parekraf untuk tampil dalam KEN 2024 di TMII," sambungnya kemudian.


Sawahlunto mengikutkan icon Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto yang berhasil menjadi terbaik I untuk Kategori dalam Kota Sawahlunto, Icon dari Dinas PUPR dan salah satu pelaku Ekraf di Sawahlunto yaitu Rumah Kreatif Denata n Diarraz.


Secara spontan, icon Dinas PUPR diminta secara langsung oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Parekraf, Vinsensius Jemadu untuk ditampilkan lagi pada peluncuran KEN 2024 di hadapan Menteri Parekraf Sandiaga Uno.


"KEN 2024 ini dilaksanakan berdasarkan event-event yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 di masing-masing daerah," tutupnya.


Foto bersama icon SISSCa. 


Sekretaris DPRD Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry menyampaikan terkait Kharisma Event Nusantara 2024 ini, icon SISSCa sekretariat DPRD Kota Sawahlunto yang ikut dalam pelaksanaan KEN diharapkan dapat memperkenalkan sekaligus mempromosikan Songket Silungkang di kancah dunia.


"Hal ini tentu dapat memotivasi para pelaku ekonomi kreatif terutama Songket Silungkang untuk meningkatkan daya saing global di tingkat nasional bahkan dunia. Sehingga perekonomian masyarakat Sawahlunto dengan sendirinya bakal meningkat pula," sebut Dedi diruang kerjanya, Rabu (31/1/2024).


Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto, Arfizon, menambahkan bahwa Kementerian Parekraf sangat antusias terhadap event SISSCa yang digelar di Kota Sawahlunto, dikarenakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian UMKM dan Pariwisata di kota warisan dunia UNESCO ini.


"SISSCa memang harus digenjot lagi, karena memang merupakan kegiatan yang sangat luar biasa," tandasnya. (ton/adv)